Mahasiswa Terdampak Gempa Lombok Terima Beasiswa

LOMBOK – Presiden Joko Widodo menyerahkan langsung beasiswa bagi mahasiswa terdampak bencana gempa di Provinsi Nusa Tenggara Barat.Penyerahan berlangsung di halaman luar Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, minggu lalu.

Pada kesempatan itu, Presiden biasa disapa dengan panggilan Jokowi, kembali mengingatkan kepada para mahasiswa yang hadir bahwa tantangan ke depan akan semakin berat.Salah satunya di era revolusi industri keempat, perubahan terjadi 3.000 kali lebih cepat dari revolusi industri yang pertama.

Bacaan Lainnya

“Artinya apa? Di depan kita akan terjadi perubahan-perubahan yang sangat cepat sekali. Kita baru belajar artificial intelligence, keluar lagi internet of thing, keluar lagi cryptocurrency, keluar lagi virtual reality, keluar lagi Bitcoin, keluar lagi yang baru terus keluar,” kata Jokowi.Oleh sebab itu, kepala negara berpesan agar anak-anak muda terutama mahasiswa bisa menyiapkan diri untuk menghadapinya.

Mengingat kompetisi dan persaingan antarnegara juga semakin ketat.”Tapi saya meyakini, insyaallah keyakinan saya, moga-moga benar bahwa sumber daya manusia kita, anak anak muda kita mahasiswa kita, itu kalau bertarung berkompetisi bersaing dengan SDM dari luar itu kita memiliki kemampuan untuk menang,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, tujuh mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menerima langsung beasiswa dari Presiden ketujuh RI tersebut.Adapun total mahasiswa yang diberikan beasiswa ini adalah 5.144 orang. Jokowi berharap penerima beasiswa bisa terus melanjutkan kuliahnya hingga rampung.

Dalam laporannya, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Intan Ahmad, menyampaikan bahwa bantuan pendidikan kepada 5.144 mahasiswa terdampak bencana di Nusa Tenggara Barat ini diberikan melalui skema bidik misi dan peningkatan prestasi akademik (PPA).Adapun rinciannya, 2.195 mahasiswa untuk bidik misi dan 2.949 mahasiswa untuk skema PPA.

“Dari komposisi tempat studi, 4.275 mahasiswa yang studi di Unram dan 34 PTS di NTB dan 869 mahasiswa asal NTB yang sedang studi di luar NTB dari 74 PTN atau PTS di Indonesia,” kata Intan Ahmad. Sampai dengan 17 Oktober 2018, ia menuturkan, tercatat jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa dalam bentuk tabungan sebanyak 3.357 mahasiswa.

Sementara sisanya, 1.787 mahasiswa sedang dalam proses pencairan yang diprediksi akan diterima mahasiswa pada akhir Oktober 2018.

Menurutnya, selain bantuan biaya pendidikan, Kemenristek Dikti juga memberikan bantuan penguatan pembelanjaran secara online untuk perguruan tinggi di NTB. Kemenristek Dikti juga akan memberikan bantuan serupa untuk mahasiswa korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu.

 

(fat/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *