Life Style

Tahu Gak Sih, Banyak Berdiri Itu Sehat!

RADARSUKABUMI.com – Tak sedikit dari Anda yang kerap merasa malas untuk sekadar berdiri dan beranjak dari kursi. Padahal di momen-momen tertentu, berdiri sejenak mampu memberikan dampak positif untuk kesehatan.

Patut diingat bahwa duduk terlalu lama duduk bisa memberikan dampak yang buruk bagi tubuh Anda. Hal tersebut dijelaskan oleh dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, di mana duduk terlalu lama bisa menimbulkan rasa nyeri di titik-titik tertentu.

“Terlalu lama duduk dapat memicu nyeri pada punggung bawah, yang dapat menjalar ke kaki kiri atau kanan. Nyeri juga bisa terasa saat perubahan posisi,” ujarnya.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicinemengungkap, seseorang khususnya pekerja yang duduk lebih dari 11 jam setiap hari berisiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular, salah satunya penyakit jantung.

Hal itu terjadi karena duduk terlalu lama identik dengan kurangnya aktivitas fisik. Akibatnya lemak tertimbun secara berlebihan dan menimbulkan risiko penyakit metabolik, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tidak terkontrol, dan diabetes.

Lama berdiri bikin sehat

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Heart Journal menunjukkan bahwa berdiri lebih banyak dapat menurunkan kolesterol, gula darah dan kadar lemak dalam darah Anda.

Studi tersebut melibatkan hampir 800 orang yang mengenakan monitor aktivitas untuk melacak berapa lama mereka tidur, duduk, berdiri, berjalan dan berlari selama tujuh hari.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close