BANDUNG

600 PKL di Pasar Cicadas Akan Dibenahi

BANDUNG— Pemerintah Kota Bandung merencanakan penataan 600 pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Cicadas, Bandung. Pasalnya pedagang yang berada di atas trotoar Jalan Ahmad Yani ini dinilai kumuh dan tidak beraturan.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan sambil menunggu proses penanganan jangka panjang, Pemkot bersama Pemprov akan menata sementara PKL di kawasan tersebut.

Sekitar 600 PKL Cicadas yang berjualan dengan pembuatan tenda atau terpal biru ini berada di atas trotoar dengan lebar 5 meter. Maka Dinas Penataan Ruang Kota Bandung, sedang membuat desain dengan lebar 1,5 meter untuk tenda bagi PKL.

Secara prinsip, kata Yana hukum kawasan Cicadas merupakan zona merah bagi PKL. Namun, terdapat diskresi bahwa Wali Kota Bandung dapat melakukan penataan dari sisi waktu ataupun jenis komoditas. “Misalkan dalam satu minggu ada satu hari mereka libur berjualan. Atau jenis komoditasnya ditentukan, produknya tersertifikasi atau hal lainnya,” kata Yana, Jumat (19/10).

Pemkot Bandung juga akan melakukan sosialisasi kepada PKL di Cicadas agar lebih disiplin dan menjaga kebersihan. Pada pelaksanaannya, akan dibuat kelompok berisi 10 orang. “Kalau di areal itu ditemukan sampah, dibuat komitmen bahwa yang membuang sampah sembarangan disanksi tidak boleh berjualan satu atau dua hari. Secara kelompok kecil sehingga dapat bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan,” jelasnya.

Pihaknya berharap adanya partisipasi dari stakeholders terutama dari pihak sponsor. Dengan demikian, kawasan tempat PKL Cicadas berjualan lebih rapi. Selain itu, hak pejalan kaki dan hak pemilik toko untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung terpenuhi.

Penjual seragam Pasar Cicadas Bandung Ilah Damilah, 66, mengaku sudah 20 tahun lebih berjualan di lokasi tersebut. Maka jika adanya penataan sangat disambut dengan baik olehnya dan pedagan lain.”Iya bagus kalau ada penataan biar lebih nyaman, tapi kalau direlokasi janganlah,” kata Ilah di Pasar Cicadas Bandung, Jumat (19/10).

Pasalnya, dulu Pemkot Bandung telah merelokasi atau memindahkan lokasi jual beli Pasar Cicadas ke Pasar Kiaracondong. Namun langkah itu malah membuat rugi ratusan PKL karena tidak laku. Sehingga para PKL kembali ke Pasar Cicadas. “Sudah pernah pindah-pindah cuma pendapatan menurun. Jadi balik lagi. Kalau di sini enak, kami sudah nyaman dan pembeli sudah hapal ada pasar di sini,” jelasnya.

Perihal fasilitas Pasar Cicadas memang jauh dari kata nyaman. Pasar terletak di trotoar Jalan Ahmad Yani dengan ditutup terpal biru. Ada beberapa celah untuk masuki area pasar, yang terlihat kumuh. Bahkan ketika musim hujan, pasar becek hingga terkena banjir.

 

(net)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close