AdvetorialFeatured

Kembangkan Industri Rumahan

KELURAHAN CISARUA, KECAMATAN CIKOLE , Distribusi Sampai Pelosok Tanah Air

RADARSUKABUMI,com – Potensi Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi yang paling tampak kental adalah berkembangnya sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) atau industri rumah tangga, seperti pembuatan moci khas Kota Sukabumi, pembuatan tempe, permen jahe sampai kepada industri rumah tangga untuk daur ulang plastik kopi dibuat menjadi taplak meja dan lain sebagainya.

Laporan Rohmat Hidayat

Kelurahan Cisarua bagian dari kelurahan di Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Wilayah Kelurahan Cisarua berdekatan dengan perkotaan. Di kelurahan ini bahkan terdapat sejumlah perumahan, seperti Griya Prana Estate, Perumahan Cimanggah, dan lain sebagainya. Pekerjaan penduduknya pun beragam.

Meski sebagian kecil penduduknya ada yang masih bekerja di lahan pertanian, namun sebagian besar penduduknya pada bekerja seperti pekerjaan penduduk di kota-kota besar, seperti ada yang menjadi pegawai negeri, pegawai swasta, wiraswasta, dan lain sebagainya.

Kelurahan Cisarua memiliki potensi yang amat beragam. Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Cisarua, Iwan Darmawanhari, SE menerangkan lahan pertanian di Kelurahan Cisarua amatlah minim. Kenapa? Ia menilainya, karena rupanya lahan di Cisarua saat ini sebagia besarnya kurang bagus ketika ditanami sayur mayur.

“Sehingga, banyak lahan kosong di Cisarua yang tidak terpakai dan tidak dipergunakan untuk mengembangkan potensi komoditi sayur mayur,”akunya. Menurutnya, kalau toh ada hanya sebagian kecil masyarakat yang mengembangkan potensi lahan persawahan seperti menanam padi.

Lalu apa potensi yang paling mencolok di Kelurahan Cisarua? Iwan menerangkan, di Cisarua terdapat usaha-usaha yang dikelola langsung masyarakat setempat (Usaha Mikro Kecil Menangah-industri rumah tangga).

Berdasarkan informasi yang didapat Radar Sukabumi industri rumaha tersebut antara lain, pembuatan moci khas Kota Sukabumi asli buatan pengrajin dari Kelurahan Cisarua, permen jahe di Kampung Babakan Jampang, tempe juga kerajinan tangan lainnya seperti taplak meja dari bekas plastik kopi, dan lain sebagainya.

Menurutnya usaha-usaha perekonomian masyarakat tersebut sejalan dengan waktu terus berkembang pesat menghiasi kemajuan perekonomian masyarakat Kota Sukabumi. “Semua sudah go Indonesia,”katanya yang juga berharap agar perkembangan perekonomian masyarakat di Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole terus berkembang pesat menuju kemajuan.

 

(c3/d)

Lurah Cisarua : Iwan-Darmawanhari,-SE

2019 Berharap ada Program KOTAKU

Pemerintah Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi akan terus mendukung program Pemerintah Kota Sukabumi. Menurut Kasie Pembangunan Masyarakat Kelurahan Cisarua mewakili Lurah Cisarua mengharapkan agar pembangunan di Kelurahan Cisarua terus berkembang pesat.

Tentunya pembangunan yang sejalan dengan visi misi Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Wakil Walikota Sukabumi, Andri Hamami yang semuanya untuk kemajuan masyarakatnya. Nah, pada 2019 pihaknya mengharapkan Kelurhan Cisarua mendapatkan bantuan KOTAKU.

“Pada tahun sebelumnya program KOTAKU di Kelurahan Cisarua belum ada. In syaa Allah program KOTAKU ini akan didapat pada 2019,”tuturnya seraya berharap. Sebagaimana diketahui bahwa bantuan dari program KOTAKU sebesar-besa\rnya diperuntukkan bagi kepentingan masyarakat.

 

(cr3/s)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close