CIANJUR

Penyakit Misterius Serang Satu Keluarga di Cianjur

RADARSUKABUMI.com, CIANJUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melalui tim ahli mengirimkan salah satu dokter mengunjungi kediaman keluarga yang terserang penyakit gatal pada kulit, Nenek Ombah (75) di Kampung Sukamaju RT3/RW4, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Upaya pelayanan kesehatan sekaligus untuk memeriksa kebenaran penyakit yang menyerang satu keluarga itu. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan, ternyata diagnosa hasilnya penyakit ‘scabies’ akibat kutu.

Scabies adalah penyakit yang disebabkan oleh tungau betina yang menggali ke dalam kulit manusia untuk bertelur.

“Nah, cara mematikan kutu scabies pada kulit manusia dengan aman harus membersihkan menggunakan sabun mandi. Sabun mandi solusi efektif untuk mematikan kutu scabies. kalau dibiarkan kutu tungau, mengggali ke kulit menyebabkan gatal,” jelasnya kepada Radar Cianjur (Radarsukabumi.com grup).

Penyakit scabies pada kulit manusia akan cepat menyebar, bila tidak langsung diobati. Ia menambahkan, sehingga menyebabkan gatal yang sangat hebat dan dapat menyerang pada seluruh bagian tubuh. Kurangya menjaga kebersihan rumah akan menjadi tempat tinggal kutu scabies.

“Kutu scabies sering bersarang pada tempat tidur, selimut, bantal dan sofa. Nah, kalau untuk mematikan kutu scabies dengan sabun mandi aman dan ampuh. Jelasnya mampu menghilangkan gatal-gatal dan dapat menyembuhkan luka pada kulit,” kata Drs Tresna.

Sementara itu, dr Dikdik menjelaskan, dirinya sudah memeriksa langsung kesehatan satu keluarga yang terkena gatal-gatal kulit akibat scabies atau penyakit dari kutu tungau.

“Menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan rumah itu sangat penting sekali. Upaya untuk meminimalisir berbagai penyakit datang secara tiba-tiba,” pungkasnya.

(izo)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close