2019, UMK Dipastikan Naik

CIKOLE–Ditetapkannya Upah Minimum Provinsi (UMP) dari pemerintah pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja sebesar 8.03 persen nampaknya akan berdampak kepada kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) 2019 di setiap daerah.

Namun, untuk UMK kota Sukabumi sendiri saat ini masih melakukan penghitungan kenaikan UMK untuk 2019. “Kita sedang melakukan perhitungan untuk UMK,”kata Plt Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Sukabumi, Iyan Damayanti, kemarin (17/10).

Bacaan Lainnya

Iyan menjelaskan rumusan penghitungan didasarkan pada UMP tahun berjalan dikalikan dengan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. “Kalau di Kota Sukabumi sendiri selain laju inflasi dan pertumbuhan ekonomi, Kebutuhan Hidup Layak (KHL) juga masuk dalam rumusan penghitungan UMK,”ujarnya.

Diakui Iyan sebenarnya sudah melakukan penghitungan sesuai dengan instruksi dari pusat. Bahkan, angka nominal kenaikannya penentuan UMK sudah ke luar. Tapi pihaknya juga harus melakukan diskusi dengan pihak Dewan Pengupahan Kota (Depeko). “Pada 2018 UMK kita sebesar Rp2,158 juta, setelah ada kenaikan UMP 8,03 persen, tentu akan naik juga,”ujar Iyan.

Iyan mengatakan, pada November nanti surat pengajuan kenaikan untuk UMK sudah diajukan ke Provinsi Jawa Barat, setelah itu tinggal menunggu hasil keputusan gubernur. ” Kita ajukan hasil perhitungan UMK ke Gubernur, nanti Gubenur yang memutuskan berapa UMK Kota Sukabumi. UMK kita pasti berbeda dengan kota-kota lainya di Jawa Barat,”ujarnya.

Sampai saat ini pihaknya juga belum melakukan sosialisasi ke perusahaan-perusahaan karena belum ada kepastian berapa naiknya UMK. Tapi, pihaknya juga akan memberitahu ke perusahaan setelah ada keputusan dari gubenur.

“Setelah ada keputusan dari gubernur besaran UMK, pihaknya juga akan memberikan kesempatan ke perusahaan untuk mengajukan keberatan hasil keputusan gubenur besaran UMK tersebut. Biasanya dalam waktu 30 hari,” pungkasnya.

 

(bal/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *