Menengok Budi Daya Lele di Tony Fish Farm

RADARSUKABUMI.com – Usaha budi daya ikan lele kian diminati, seiring dengan konsumsi masyarakat Sukabumi dan wilayah lain terhadap ikan yang cukup tinggi. Saking menjanjikannya, Tony Hasanudin terjun langsung mengembangkan usaha budi daya lele di Kampung Karadenan RT14/05, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

DINNA AGUSTINA, Sukabumi

Sejak 2010 lalu Tony menggeluti budi daya lele di lahan milik keluarga di Kampung Karadenan RT14/15, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Usaha yang dirintisnya tersebut terbilang unik. Lantaran sang pemilik, Tony Hasanudin melakukan eksperimen, dengan mengawinkan ikan jenis lele dan patin dan diberi nama ikan Tonys.

Usaha ini diberi nama Tonys Fish Farm. Pria 33 tahun itu awalnya membudidayakan patin, namun pada saat itu usahanya menurun, Tony pun beralih ke lele yang prospek bisnisnya bagus.

“Saat ini saya lagi merintis usaha di perikanan khusunya di ikan lele, dulu sama ikan patin, namun pangsa pasar sekarang meningkat banyaknya di ikan lele dan Alhamdulilah bisa berjalan dengan baik,”tutur Tony saat ditemui Radar Sukabumi di tempat usahanya, Minggu (14/10).

Lahan seluas 90 meter milik keluarga, disulapnya menjadi kolam lele. Lokasinya tidak jauh dari rumah.”Di usaha budi daya ini, saya tidak khusus untuk konsumsi tetapi lebih fokus pada pembibitan atau pembenihan lele. Jadi membudidayakan lele ini sampai ke pembesaran,”ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *