SUKABUMI

5 Jurus Jitu Turunkan Berat Badan

Jika berbicara mengenai program penurunan berat badan, hampir semua orang pasti ingin bisa menurunkan berat badan secepat mungkin. Namun, hampir semua ahli setuju bahwa menurunkan berat badan secara perlahan atau bertahap adalah langkah terbaik.

Tak hanya dalam mencapai berat badan ideal, tapi juga mempertahankannya. Berat badan yang berhasil turun secara drastis memang bisa terasa membanggakan. Namun, ini akan berpotensi memunculkan efek yoyo. Berat badan akan lebih mudah naik jika Anda sedikit saja lalai menjaganya.

Disarankan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), turunkanlah berat badan secara bertahap. Berat badan yang turun 1 kg per pekan akan lebih mudah dipertahankan daripada berat badan yang turun drastis. Luangkan waktu esktra untuk mengubah asupan harian Anda sekaligus meningkatkan aktivitas fisik.

“Kesabaran adalah kunci ketika Anda melakukan perubahan ini. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, itu akan kembali (naik) dengan cepat,” kata Pat Barone, seorang pelatih kesehatan dari Wisconsin, Amerika Serikat (AS) kepada U.S.News, yang kehilangan lebih dari 40 kg secara perlahan dan berhasil mempertahankannya sejak 18 tahun yang lalu.

Pat menegaskan bahwa untuk menurunkan berat badan memerlukan waktu yang tidak sebentar. It’s worth the wait, karena penurunan berat badan lebih bisa dipertahankan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan secara perlahan dan efektif membuat berat badan lebih stabil:

1. Jangan merusak makronutrien

Tubuh Anda membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein. Sayangnya, banyak tipe diet yang sangat membatasi, bahkan menghilangkan ketiga nutrisi esensial tersebut.

Biasanya, mengurangi atau memutus asupan karbohidrat atau lemak justru menyebabkan berat badan cenderung kembali naik dengan cepat.

Cobalah pendekatan yang lebih bertahap dan tidak membuat waktu makan Anda membosankan. Kurangi konsumsi roti dan kue yang bikin Anda kenyang tapi tak bergizi, perbanyak asupan karbohidrat dari makanan seperti biji-bijian utuh, lalu kombinasikan juga dengan kacang-kacangan dan buah-buahan.

Selain itu, fokuslah pada konsumsi lemak sehat yang bisa didapat dari alpukat, salmon, dan tuna.

2. Lakukan bertahap

Perubahan pola makan bukanlah satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan. Olahraga secara rutin yang juga dilakukan secara bertahap, dimulai dengan intensitas rendah hingga menanjak ke tinggi juga diperlukan.

“Saya melihat orang-orang mencoba berlari ketika mereka kelebihan berat badan. Ini sangat buruk untuk sendi Anda. Mulailah dengan berjalan sehingga Anda akan mendapatkan kekuatan,” saran Pat.

Di sisi lain, jika Anda bingung dengan jenis olahraga yang efektif yang sesuai dengan profil tubuh Anda, lebih baik berkonsultasi dengan profesional kebugaran agar hasilnya optimal.

3. Hormati aspek sosial dari kegiatan makan

loading...
1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close