CGF Harus Bawa Percepatan Pembangunan

SUKABUMI – Demi mendongkrak wisata alam dan budaya di wilayah Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) baik Kementerian Pariwisata, Pemprov Jabar dan Pemkab Sukabumi, terus menggelar berbagai event. Kali ini, giliran Ciletuh Geopark Festival (CGF) menjadi ajang sosialisasi.

Acara yang masuk Calendar of Event Kementerian Pariwisata ini, berhasil menyedot antusiasme masyarakat. Apalagi dalam rangkaian kegiatannya, berhasil memecahkan rekor dunia karena ada 5.853 orang yang memeriahkan Tari Jipeng. Selain pemecahan rekor dunia, kegiatan CGF yang di helat dari 12 hingga 14 Oktober ini, memang banyak menyuguhkan berbagai kegiatan pameran/display beberapa Geopark di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Baik yang sudah memiliki status Unesco Global Geopark maupun Geopark Nasional. “Alhamdulillah kita berhasil memecahka rekor muri RHR’s World Record Patner’s dengan melakukan Tari Jipeng dengan peserta sebanyak 5113 orang yang dilakukan selama 10 menit,” ujar Bupati Sukabumi, Marwan Hamami kepada Radar Sukabumi, kemarin (14/10).

Orang nomor satu di kabupaten terluas se-Jawa-Bali ini juga mengatakan, dengan adanya GFC ini, harus bisa memberikan kontribusi percepatan pembangunan di daerah desinasi wisata di selatan. “Dari potensi CPUGG ini, tentunya baik secara ekonomi dan pemahaman sumber daya alam bisa tersosialisi dengan baik,” akunya.

Untuk itu Pemkab Sukabumi mengucapkan banyak terimakasih kepara pemerintah provinsi dan kementerian terkait atas dorongan dalam percepatan pembangunan dalam tiga tahun terakhir ini. Sehingga, CPUGG bisa di akui IJJ Unisco dimata dunia. “Tak bisa dipungkiri, ini berkat dorongan provinsi, dan Dinas Pariwisata. Termasuk dinas terkait lainya dan juga masyarakat, komunitas dalam mensosialisasikan potensi wisata di selatan ini,” katanya.

Dengan kepemimpinan gubernur baru, dirinya berharap bisa mebawa pengembangan yang lebih untuk mambawa CPUGG ini terus memperkuat dari sisi pemgembangan petumbuhan baru. “Saya berharapa daerah selatan menjadi darah kelanjutan suatu perubahan untuk pembanguan dan peningakatan ekonomi dari segala aspek,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *