Video Penampakan 4 Matahari Bikin Heboh, Pertanda Apa ?

KEPRI – Video penampakan 4 matahari di Kepulauan Riau (Kepri) viral di media sosial. Dalam video tersebut, matahari terlihat ada beberapa titik.

Puluhan warga tampak menyaksikan 4 matari di yang muncul di langit Kepulauan Riau. Sebagian warga mengabadikan fenomena langka tersebut.

Peneliti Sains Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Erma Yulihastin mengatakan fenomena matahari sebagaimana tergambar dalam video yang viral itu dinamakan sun dog.

Dikatakan Erma Yulihastin, Sun dog merupakan fenomena di mana matahari terlihat lebih dari satu.

Menurut Erma, matahari tetap satu dan tidak bertambah. Titik yang terlihat seperti matahari hanya pantulan dari sinar matahari.

Matahari, kata dia, seolah-olah bertambah karena sinar matahari yang menerobos awan cirus, awan yang mengandung kristal es.

“Syarat pertama, pembentukan di musim kemarau ketika uap air sangat minim, kering dan dingin,” ucap Erma seperti dikutip dari detikcom, Kamis (11/10/2018).

Syarat kedua, lanjut Erma, harus ada awan cirus. Awan ini mengandung kristal es yang berfungsi sebagai restructor sinar matahari.

“Sehingga matahari bisa tampak menggandakan diri seperti itu,” tambah Erma.

Erma sendiri mengaku kaget melihat fenomena 4 matahari muncul di Kepri seperti terlihat dalam video. Sebab, dalam video tersebut jelas terlihat bahwa matahari tampak banyak.

“Sebenarnya, bentuknya juga nggak selalu persis seperti matahari juga, bisa seperti pancaran cahaya yang membaur, bisa juga nggak terlalu jelas mataharinya,” katanya.

“Tapi yang beredar kan yang jelas banget, ya, itu mungkin karena posisi matahari itu rendah. Jadi memungkinkan untuk menggandakan diri, terlihat seperti itu,” papar Erma.

Erma mengatakan fenomena sun dog lebih sering terjadi di luar negeri karena awannya lebih dingin.

Berikut video 4 matahari di Kepri yang menghebohkan warga:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *