Hergun: Kedaulatan Pangan Perlu Kebijakan Strategis

SUKABUMI— Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Heri Gunawan menilai kedaulatan pangan bangsa tentu tidak lepas dari yang namanya kebijakan strategi pangan.

Menurut pria yang karib disapa HG ini, guna mewujudkan kedaulatan pangan perlu memantapkan ketahanan pangan sebagai paradigma baru masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Misalnya saja, pengembangan infrastruktur pertanian, pengembangan diversifikasi pangan, kebijakan perdagangan yang berpihak pada kepentingan nasional dan penetapan regulasi retail modern,” kata Heri kepada Radar Sukabumi, Minggu (16/9).

Menurut Heri dan juga sebagai Anggota DPRD RI Komisi XI Fraksi Partai Gerindra ini menjelaskan, persoalan pangan bagi bangsa Indonesia, merupakan persoalan yang sangat mendasar, dan sangat menentukan nasib dari suatu bangsa.

“Karena ketergantungan pangan dapat berarti terbelenggunya kemerdekaan bangsa dan rakyat terhadap suatu kelompok, baik negara lain maupun kekuatan-kekuatan ekonomi lainnya,” jelasnya.

Hematnya sambung HG, tata kelolanya harus telaten, teliti serta komprehensif. Sebab, masalah pangan adalah masalah yang strategis, diperlukan kebijakan yang berpihak, minimal diatur secara ketat oleh pemerintah.

“Pemerintah yang pelopor dan pemerintah yang membuka jalan, pemerintah yang berpihak dan pemerintah yang memberdayakan,” tukasnya.

 

(bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *