Desa Kademangan, Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

RADARSUKABUMI.com – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi meresmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Desa Kademangan, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Jumat (5/10/2018) kemarin.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, member mengatakan, perlindungan jaminan sosial kepada tenaga kerja itu sangat penting. Sebab tidak ada yang pernah tahu kapan terjadinya kecelakaan Kerja yang menimpa pekerja.

Bacaan Lainnya

“Jadi kita harus sadar bahwa perlindungan jaminan sosial kepada tenaga kerja itu sangat penting. Musibah tidak ada yang tahu kapan datangnya,” kata Emir dalam keterangan resminya kepada Radarsukabumi.com.

Sementara itu, Camat Mande, Dony Herdyana mengatakan, sebaiknya seluruh perangkat desa, RT dan RW segera mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Perangkat Desa di Wilayah Kecamatannya dapat lebih ditingkatkan lagi kesejahteraannya dengan ikut Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, bahkan se-Kabupaten Cianjur”, kata dia.

Di wilayah Kecamatan Mande sendiri, sebut Dony, di Kecamatan Mande sendiri ada 12 desa, namun baru dua desa yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Ke depan, seluruh desa di Kecamatan Mande diproyeksikan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Menambahkan, Kapolsek Mande Polres Cianjur, AKP Faisal mengatakan, peran BPJS Ketenagakerjaan sangat penting karena dapat melindungi seluruh pekerja yang menjadi pesertanya.

“Kita tahu ada banyak manfaat dari jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini, tidak hanya ketika ada kecelakaan tapi untuk hari tua atau pensiun. Jadi ini sangat baik sekali,” tutur dia.

Masih di tempat yang sama, Kepala Desa Kademangan Ute Misbahudin mengaku dirinya sangat senang desanya dipilih sebagai Desa Sadar dari BPJS Ketenagakerjaan. Diharapkan, dengan adanya ini BPJS Ketenagakerjaan dapat masuk ke seluruh lapisan masyarakat.

“Ini agar masyarakat desa khususnya perangkat desa dapat perlindungan sosial atas risiko kecelakaan kerja dan kematian,” ungkap Ute.

Dalam launching Desa Sadar ini, juga disosialisasikan mengenai program-program lainnya seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) serta manfaatnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang disampaikan langsung oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis, Joko Sundoro.

(izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *