KABUPATEN SUKABUMI

PP Bangun Rumah Warga Ciracap

CIRACAP— Organisasi Masyarakat (ormas) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Sukabumi dalam hal ini Pengurus Anak Cabang (PAC) Ciracap kembali membangun rumah tidak layak huni (Rutilahu), di Kampung Loji Kidul, RT 25/6, Desa/Kecamatan Ciracap. Kegiatan perbaikan rumah Mak Enung (65) berawal dari kepedulian dan keprihatinan terhadap kondisi masyarakat yang terpuruk secara ekonomi, puluhan warga Ciracap yang tergabung dalam wadah organisasi masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila (PP) Pengurus Anak Cabang (PAC) Ciracap.

Ketua PAC PP Kecamatan Ciracap, Ma’mun Mochamad Nawawi mengatakan, aksi sosial ini menjadi agenda PP dalam membantu warga tidak mampu. “Kondisi rumah Mak Enung menjadi prioritas. Makanya, kita langsung membangunnya bersama dengan pengurus dan masyarakat setempat,” jelas Ma’mun kepada koran ini, kemarin (30/9).

Menurut Ma’mun, pembangunan Rutilahu tersebut, merupakan aplikasi sila ke lima Pancasila. Yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Untuk itu, PAC PP Kecamatan Ciracap sebagai insan pemuda yang sudah semestinya berada di tengah-tengah masyarakat, langsung terjun kelapangan untuk mengadakan bakti sosial berupa rumah tidak layak huni yang di tujukan kepada warga Ciracap yang membutuhkan,” paparnya.

Pihaknya merasa prihatin saat melihat kondisi bangunan rumah Mak Enung yang berukuran 4,5 meter kali 6 meter tersebut, kondisinya nyaris ambruk. Selain banyak genting yang bocor, kayu penyangganya rusak akibat termakan usia. “Keluarga Mak Enung masuk dalam kategori warga tidak mampu. Lantaran, penghasilan suaminya yang sudah tua renta, hanya mampu menghidupi makan sehari-hari saja. Itupun, hanya mengandalkan kerja serabutan,” tandasnya.

Ketua Majelis Pimpinan Anak Cabang (MPC) PP Kabupaten Sukabumi, Heru Herlambang, mengatakan, pihaknya merasa bersyukur saat melihat aksi sosial anggota PAC PP Kecamatan Ciracap yang mampu mengaplikasikan sila ke lima dalam menjalankan marwah organisasinya. “Jadi memaknai panca sila itu, bukan hanya memperingatinya melalui upacara bendera saja. Tetapi yang lebih pentingnya, kita harus mampu mengaplikasikan semua butir-butir panca sila ke dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Sebab itu, dirinya tidak henti-hentinya selalu mengingatkan kepada seluruh anggota PP yang ada di setiap ranting dan PAC yang tersebar di Kabupaten Sukabumi agar menjalankan seluruh butir-butir panca sila dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat. “Sehingga tingkah laku meraka dalam kehidupan bernegara dan beragama dapat selaras dengan peraturan dan mekanisme yang ada. Terlebih lagi, panca sila telah buat oleh tokoh pejuang dan toloh ulama terbesar sejak terdahulu,” pungkasnya.

 

(den/c)

Tags

Tinggalkan Balasan