NASIONALSUKABUMI

“Astagfirullah, Tsunami Terjang Palu, Berikut Videonya

PALU – Video detik-detik tsunami Palu Sulawesi Tengah menerjang pemukiman penduduk dan gedung bertingkat viral di media sosial.

Dalam video tersebut, sejumlah bangunan di pinggir pantai terendam air. Ruas jalan tergenang setelah air laut menerjang pemukiman warga.

Tak berselang lama, ombak besar pun menghantam hingga semua bangunan di tepi pantai ludes terbawa arus. Hanya papan reklame setinggi 10 meter yang masih beratahan.

Warga yang mengabadikan insiden mengerikan itu dari gedung bertingkat. Ketinggian air diperkirakan mencapai 7-10 meter. Diduga, video tersebut diambil dari mal.

Ketika tsnumi menerjang, warga yang merekam kejadian itu langsung larit terbirit-birit bersama waga lainnya.

“Astagfirullah, astagfirullahilazim, ya Allah,” ucap seorang wanita dalam video tersebut.

Video lainnya menunjukkan tsunami menerjang pepohonan yang berdiri di pinggir jalan. Beberapa pohon tumbang.

Bahkan, sebuah masjid tak luput dari terjangan air. Masjid berukuran besar itu pun roboh. Kuba masjid miring akibat bangunan masjid roboh.

Tsnumai tersebut membuat listrik mati total. Sinyal telepon seluler juga terganggu, sehingga sulit menghubungi keluarga dan sanak saudara.

“Warga di sini panik, kita takut karena mati lampu, gelap sekali,” ucap Rosita (21), gadis asal Palopo Sulawesi Selatan yang sedang kuliah di Palu.

Diketahui, rangkaian gempa menerjang Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). Gempa pertama berkekuatan 5,9 SR terjadi pada pukul 14.00. Gempat berpusat di 2 km arah utara Kota Donggala pada kedalaman 10 km.

Gempa paling besar terjadi pada pukul 17:02:45 WIB. Gempa 7,7 SR itu sempat memicu peringatan dini tsunami. Beberapa menit kemudian peringatan tsunami dicabut. (one/pojoksatu)

Berikut video amatir detik-detik tsunami Palu menerjang bangunan di tepi pantai:


Tags

Tinggalkan Balasan