SEPAKBOLA

Postur Lawan jadi Rintangan

KUALA LUMPUR – Satu langkah lagi, Timnas Indonesia U-16 akan memastikan satu tingket ke babak quarter final Piala AFC U-16 2018. Namun sebelumnya, mereka harus menghadapi India di partai terakhir babak grup C malam ini di Stadion Nasional Bukit Jalil. Kans Indonesia untuk memastikan memang lebih besar.

Saat ini, Indonesia berada di puncak klasemen sementara denga total 4 poin. Sama dengan India di peringkat kedua, bedanya hanya pada jumlah koleksi gol. Untuk itu, David Maulana dkk hanya butuh hasil seri untuk memastikan satu tiket menuju babak delapan besar.

Jika melihat produktifitas gol, Indonesia memang lebih unggul dengan total tiga gol. Sedangkan India baru mencetak satu gol saat kontra Vietnam (21/9). Itupun diciptakan lewat titik penalti. Namun pelatih Indonesia Fakhri Husaini enggan meremehkan India. ”Saya tidak melihat itu sebagai kelemahan India. Kami tetap respect kepada India. Mereka juga punya banyak peluang sebenarnya,” ucap pelatih asal Lhokseumawe, Aceh itu.

Sementara itu, Fakhri juga mewaspadai postur tinggi dan juga kecepatan yang dimiliki tim India. Kemudian lini belakang India yang solid juga menjadi perhatian bagi Fakhri. Kemarin saat kontra Vietnam, salah satu masalah Indonesia yakni kurang tajamnya lini depan Garuda Asia.

Itu akibat dari winger M. Supriadi yang belum bisa turun sebagai starter akibat belum 100 pesen pulih dari cedera lutut. Kabar baiknya, pada laga malam nanti, kanas M. Supriadi untuk turun sebagai starter cukup besar. Pemain asal Surabaya itu sudah bergabung dalam tim pada dua sesi latihan terakhir.

”Informasi yang saya dapat dari dokter pekembangan Supriadi sudah sangat baik. Saat ini juga tidak ada pemain yang cedera ataupun akumulasi kartu,” kata pelatih yang pernah merumput bersama PKT Bontang itu.

Selain itu, pada laga malam nanti Fakhri juga akan melakukan sedikit rotasi pada pasukannya. ”Karena ada pemain yang bermain full terus selama dua laga. Saya akan lihat samapai besok (hari ini, Red) kondisi terakhir mereka seperti apa,” imbuh Fakhri.

Disisi lain pelatih India Bibiano Fernandez mengaku kontra Indonesia akan menjadi laga yang sulit. Dia juga sudah mengamati cara permaianan Indonesia. Bibiano menilai permaianan Indonesia sangat cepat dan mempunyai fisik yang oke. Namun, Bibiano optimistis anak asuhnya akan berjuang selama 90 mnit untuk bisa mengamankan tiga angka.

”Semua pemain Indonesia sangat berbahaya. Mereka semua sangat baik. Seperti yang saya katakan sebelumnya tidak ada laga yang mudah dalam kompetisi ini,” ucap Bibiano Fernandez.

Juara atau Runner-up Grup?

Timnas U-16 Juara jika
Menang atau seri melawan India. Jika seri, poin dengan India bakal sama (lima poin). Namun, timnas unggul selisih gol.

Timnas U-16 Runner-up jika
Kalah dari India. Dengan begitu, otomatis India menjadi juara grup. Namun, timnas masih bisa lolos dengan status runner-up. Syaratnya, Iran dan Vietnam hanya bermain imbang.

Perkiraan Pemain

India (4-3-3):23-Niraj Kumar (g); 16-Bikhas Yumnam, 2-Moirangthem Thoiba Singh, 4-Shabas Ahammed, 5-Gurkirat Singh; 7-Ravi Bahadur, 11-Givson Singh, 14-Ricky John Shabong; 6-Vikram Partap (c), 8-Bekey Omar, 9-Ridge Melvin
Pelatih: Bibiano Fernandez

Indonesia (4-3-3): 21-Ernando Ari Surtaryadi (g); 2-Amiruddin Bagas Kaffa, 4-Komang Teguh, 5-Fadilah Nur, 3-M. Yudha Febrian; 8-Andre Oktaviansyah, 18-Brylian Aldama, 6-David Maulana (c); 10-Rendy Juliansyah, 9-Sutan Zico, 11-M. Supriadi
Pelatih: Fakhri Husaini

Stadion: Nasional Bukit Jalil
Kickoff: 19.45 WIB, Live MNCTV

 

(nia)

loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close