BPBD: Rumah Sakit Belum Siap Hadapi Kebakaran

KABUPATEN SUKABUMI – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman menegaskan bahwa hampir semua rumah sakit di Kabupaten Sukabumi masih minim sistem penanganan kebakaran yang memadai.

Padahal rumah sakit termasuk tempat layanan publik yang menghadapi risiko kebakaran cukup tinggi. “Jadi amat disayangkan, rumah sakit-rumah sakit di Kabupaten Sukabumi baik swasta maupun milik pemerintah belum memiliki sistem hidrant yang memadai untuk menangani kebakaran tingkat pertama,” kata ketika di hubungi koran ini, kemarin (26/9).

Bacaan Lainnya

Terlebih rumah sakit yang memiliki puluhan sampai ratusan kamar rawat inap, idealnya memiliki paling sedikit 10 titik tempat penyimpanan hidrant. Keberadaan hidrant ini sangat penting dalam penanganan pertama saat terjadi kebakaran sebelum mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Posisi hidrant ini sama pentingnya dengan jalur evakuasi. “Kami sudah menyampaikan himbauan kepada para pengelola rumah sakit agar menyediakan hidrant disetiap titik ruangan,” ujarnya.

Di rumah sakit, sumber percikan api yang dapat memicu kebakaran tersebar di berbagai titik. Selain jaringan listrik, sumber percikan api juga bisa datang dari arah dapur, tempat pembuangan sampah kering, dan tempat-tempat lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *