Mengenal SMK Yasti Cisaat, Kabupaten Sukabumi

Yayasan Tarbiyah Islamiyah Cisaat-Sukabumi (YASTI) yang berada di Jalan Veteran No.66, Cisaat, Kabupayen Sukabumi ini memiliki hampir 2500 pelajar. Mereka terbagi ke dalam empat jenjang pendidikan yaitu SMK, SMA, MA dan MTs. Sederet prestasi diraih para pelajarnya. Berikut liputannya.

DINNA AGUSTINA, Sukabumi

Bacaan Lainnya

Tantangan di era globalisasi, menuntut pengembangan SDM lebih diutamakan dalam rangka mengimbangi persaingan hidup dan kehidupan manusia.

Profesionalisme setiap individu akan menentukan “Service”, bahkan meningkatkan prestasi maupun prestise kinerja di lapangan. SMK merupakan sekolah kejuruan yang berupaya mencetak tenaga kerja menengah, harus siap dan mampu menjawab tantangan di atas.

Untuk itu SMK YASTI Cisaat Kabupaten Sukabumi mencoba melakukan terobosan–terobosan yang searah dengan tuntutan kurikulum baik yang bersifat intra kurikuler maupun ekstra kurikuler, dengan pendekatan manajemen yang terbuka dan program–program yang tepat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Harapannya lulusan SMK YASTI Cisaat ini mampu bersaing sebagai tenaga kerja menengah yang dibutuhkan dunia usaha/industri, maupun instansi.

Berdiri pada 1986 silam, SMK Yasti Cisaat di bawah kepemimpinan Yudi Lazwari makin dikenal masyarakat. Banyak orang tua siswa yang menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah ini.

Tercatat ada 863 pelajar yang bersekolah di SMK Yasti. Pihak sekolah membaginya ke dalam empat jurusan yaitu perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Bisnis Daring Pemasaran (BDP) dan tatata busana.

Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan SMK Yasti Cisaat, Aden Huri menjelaskan SMK Yasti Cisaat memiliki kelebihan terutama di bidang akhlaqul karimah, intelektualitas dan keterampilan.

“Alhamdulillah sejak berdiri hingga sekarang para pelajar SMK Yasti Cisaat memiliki banyak prestasi,”tutur Aden saat ditemui Radar Sukabumi di ruang kerjanya, Jumat (21/9).

Tentunya prestasi tersebut menjadi kebanggaan sekolah, karena nama sekolah makin harum dan keberadaannya makin eksis hingga saat ini.

Sambil memperlihatkan satu persatu piala yang terpajang di lemari khusus sekolah, Aden mengutarakan satu persatu prestasi yang diraih pelajarnya.

Pelajar SMK Yasti Cisaat pernah menjadi peserta Pameran Teknologi (EPITECH) Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada 2009 dan 2010. Di tahun yang sama, salah satu pelajarnya juga masuk sebagai Finalis Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Teknik Komputer Jaringan (TKJ) tingkat provinsi.

“SMK Yasti hampir kebanyakaan meraih prestasi tingkat Provinsi Jabar yang diikuti oleh siswa-siswi kami tentunya,”ujarnya.Di ajang Matematika Bidang Teknologi dan Non Teknologi Tingkat Kabupaten Sukabumi, pihaknya berhasil menjadi juara pertamanya.

“Nah di 2010 sekaligus menjadi finalisnya tapi di tingkat Provinsi Jabar,”paparnya.Selain itu, pelajar SMK ini juga pernah menjadi Juara I LKS Busana Butik tingkat Provinsi Jabar 2009/2010 dan juara III pada 2010/2011.

“Di 2010, kami juga pernah menjadi Finalis LKS Busana Butik Tingkat Nasional,”paparnya.Juara I LKS Adminitrasai Perkantoran (AP) Tingkat Kabupaten Sukabumi juga diraihnya di 2011 sampai dengan 2016.

“Dengan prestasi tersebut, SMK Yasti otomatis menjadi finalis di tingkat provinsi,”ulasnya.Hebatnya lagi, masih di tingkat Kabupaten Sukabumi, sekolah ini juga menjadi Juara I LKS Pemasaran dan Tata Busana berturut pada tahun 2011/2012, 2013, 2013/2014 dan 2014/2015.

Atas prestasinya itu, lagi-lagi pelajar SMK Yasti menjadi finalis di tingkat provinsi Jabar. Juara I Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Kabupaten Sukabumi juga pernah diraih pelajarnya. Waktu itu tahun 2012/2013, finalis tingkat Jabar pun sudah di tangan.

“Alhamdulillah kami bangga anak-anak kami juga pernah meraih prestasi selama enam tahun berturut-turut di bidang AP, tepatnya 2011 sampai 2017 tingkat kabupaten dan di bidang pemasarannya pada 2011 s/d 2015. Otomatis menjadi finalis tingkat Jabar,”ujarnya bangga.Rencananya, pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan tingkat nasional di sekolahnya diprakarsai oleh TKJ.
“Desember mendatang tingkat nasional dalam lomba website dan lain sebagainya,”imbuhnya.Pria ramah ini juga menyebut, di 4 Oktober mendatang SMK Yasti akan mengadakan Pekan Muharam 1440 H bagi semua pelajarnya. Diisi oleh pidato, tahmid Quraan, cerdas cermat dan kaligrafi.

“Dengan sederet prestasi yang diraih, harapan kami para lulusan SMK Yasti bisa mendapatkan pekerjaan sesuai bidangnya masing-masing, sesuai kompetensinya dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,”pungkas Aden Huri.

 

(*/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *