Polda Mulai Terjunkan Tim Cyber

BANDUNG— Tim Cyber Polda Jabar akan menggelar patroli di media sosial saat pelaksanaan kampanye Pilpres dan Pileg 2019. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto memastikan jajarannya telah melakukan langkah pengamanan, termasuk di dunia maya. “Kita antisipasi dengan menerjunkan tim Cyber yang berpatroli di medsos selama kampanye,” jelasnya, Rabu (19/9).

Hal itu juga untuk memantau adanya ujaran kebencian, yang muncul saat kampanye. “Diharpakan masyarakat arif dan bijak dalam berkampanye atau mengomentari di media sosial,” katanya.

Bacaan Lainnya

Tim juga nantinya akan memantau konten yang mengarah, pada unsur fitnah. “Kalau ada konten-konten yang mengarah kepada unsur ujaran kebencian fitnah, kita mulai segera lakukan dari penyelidikan kalau ada alat bukti yang lengkap kita proses hukum,” katanya.

Sebelumnya, pengamanan Pileg dan Pilpres di Jabar siap dilaksanakan oleh Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi serta unsur Pemprov Jabar. Dalam apel kesiapan operasi mantap lodaya 2018, guna pengamanan agenda kampanye Pileg dan Pilpres 2019, Polda akan melakukan pengamanan secara maksimal.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, menjelaskan bahwa pengamanan pileg dan pilpres 2019 berkaca dari keberhasilan pengamanan saat Pilkada serentak 2018 lalu.

“Kami punya dasar dan pedoman, tentang pengamanan masa kampanye. Terbukti saat pilkada serenta kemarin, Jabar aman dan kondusif hingga akhirnya tanggal 5 september Gubernur dan Wagub baru dilantik, itu kemarin bukti dari adanya kondisi kemanan di jabar kondusif,” paparnya, Rabu (19/9).

Dirinya berharap, agar anggota TNI dan Polri terus solid menjaga keamanan di Jabar. “Perkuat soliditas tni dan polri di jabar, dan saya yakin itu bisa terwjud,” ujarnya.

Polda juga akan mempelajari beberapa daerah yang jadi perhatian, selama masa kampanye. “Ada beberapa daerah yang jadi perhatian khusus. Data ini berkaca dari Pilkada serentak kemarin,” terangnya. Saat ditanya, daerah mana, Kapolda enggan membeberkan rincinya.

 

(bon)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *