Muhammad Hilbram, Bocah Tunanetra yang Mendapat Beasiswa Musik ke Liverpool

Saat kunjungan Wali Kota Liverpool Gary Millar Maret lalu ke Surabaya, Ibam didapuk Risma –sapaan Tri Rismaharini– untuk tampil. Gary melihat bakat Ibam dan akhirnya menawari dia untuk mendapat beasiswa sekolah musik di kota kelahiran grup band The Beatles itu. Tawaran tersebut langsung diiyakan Ibam.

Ibam akan pergi bersama kakeknya, Jamdaris, dan guru SD Ibam yang pernah mendapatkan beasiswa ke London, Inggris. ”Enggak bisa bahasa Inggris, tapi nanti ada Pak Zainul (guru SD Ibam yang akan ikut ke Liverpool, Red),” ucapnya.

Tidak hanya ingin belajar musik, Ibam juga ingin bertemu dengan Pangeran William dan Stevland Morris alias Stevie Wonder. Ketika ditanya alasannya, dia hanya penasaran seperti apa pangeran Kerajaan Inggris itu. Sedangkan Stevie Wonder merupakan salah seorang musisi idola Ibam.

Lalu apa keinginan Ibam setelah pulang dari Liverpool? Dia ingin memiliki studio musik di rumahnya. Ibam ingin mengajak teman-temannya bermain musik di rumahnya, tak perlu menyewa atau terbatas hanya di sekolah. Penyuka rawon itu ingin membentuk grup band.

Ibam punya mimpi akan menjadi guru musik. Rizki Nuri, guru musiknya di SMPLB A YPAB Surabaya, yang menjadi sosok panutannya. ”Bu Kiki (panggilan Rizki, Red) sudah nyanyi di luar negeri. Kalau keliling Indonesia sering juga. Jadi guru musik sepertinya asyik,” katanya.

Bakat musik Ibam memang sudah terlihat sejak TK. Sejak usia belia Ibam telah gemar bermain keyboard. Twinkle-Twinkle Little Star adalah lagu pertama yang dikuasai Ibam. Sekarang dia sudah menguasai lebih dari 30 lagu Barat maupun Indonesia.

”Usia TK, ada yang menawari Ibam beasiswa musik selama satu tahun,” kata Jamdaris yang ditemui pada saat yang sama. Dari sekolah musik itu Ibam belajar main piano yang benar. Hingga SD kelas IV Ibam terus mendalami piano.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *