Muhammad Hilbram, Bocah Tunanetra yang Mendapat Beasiswa Musik ke Liverpool

RADARSUKABUMI.com – Hasil memang tak pernah mengkhianati usaha. Muhammad Hilbram, 13, yang mencintai musik sejak kecil, kini mendapat undangan beasiswa musik ke Liverpool. Fisiknya yang berbeda bukanlah benteng untuk bakatnya. Dia terus mengembangkan sayap, meraih mimpi menjadi musisi.

FERLYNDA PUTRI, Jakarta

PERTENGAHAN bulan ini Ibam, sapaan akrab Hilbram, berangkat ke Liverpool, Inggris. Kota yang dianugerahi Kota Musik oleh Unesco pada 2015 itu akan menjadi tempat belajar Ibam selama dua bulan.Pertemuan Jawa Pos dengan Ibam terjadi 15 Juli lalu saat acara Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Remaja yang menyandang tunanetra tersebut menyanyikan lagu yang berjudul Untukmu Guru. Dia menyanyi sekaligus memainkan dua alat musik, keyboard dan saksofon.

Ibam tampil selama 15 menit. Ada dua lagu lain yang dibawakan Ibam. Selama itu, wartawan menghitung ada delapan kali audiens bertepuk tangan. Mulanya ada banyak kamera handphone yang merekam aksi Ibam. Namun, lama-kelamaan, kamera itu turun karena ada yang menyeka air mata, melipat tangan sambil menatap kagum. Ada juga yang menggoyangkan tangan mirip menonton konser. ”Enggak grogi sih,” kata Ibam saat ditemui seusai acara.

Ibam memang tampak percaya diri. Jas abu-abu dan sorotan lampu serta tepuk tangan membuat dia bersemangat memainkan musik. Padahal, tak ada persiapan sama sekali untuk tampil di depan ratusan orang. Maklum saja, siswa kelas VII SMPLB A YPAB Surabaya itu memang sedang sibuk wira-wiri untuk mengurus keperluan ke Liverpool.

Penampilan Ibam malam itu cukup spesial. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang meminta langsung kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini agar Ibam tampil di kantornya. Seminggu sebelumnya Ibam menyanyi dalam acara yang diadakan PW Muhammadiyah Jatim di Surabaya yang dihadiri Muhadjir. ”Tawaran ke Liverpool kejadiannya juga seperti undangan Pak Menteri (Muhadjir),” kata Ibam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *