Miliki Pesona Pantai Ujunggenteng, Pangumbahan, dan Potensi Batik Purwasedar

Kecamatan Ciracap masuk salah satu wilayah yang memiliki potensi laut atau pantai. Tersebutlah Pantai Cibuaya di Desa Ujunggenteng.Di sini juga terdapat tempat untuk penangkaran tukik atau anak penyu hijau di wilayah Pantai Pangumbahan. Selain itu, salah satu potensi yang juga menjadi primadona Ciracap adalah Batik Purwasedar yang dibuat asli dari pengrajin Kecamatan Ciracap terutama di Desa Purwasedar.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Kecamatan Ciracap memiliki delapan desa. Beberapa di antaranya, Desa Ciracap, Pasir Panjang, Purwasedar, Mekarsari, Gunung Batu, Cikangkung, Ujunggenteng, dan Pangumbahan. Kecamatan yang saat ini dipimpin oleh Ahmad Syamsul Bahri, S.Sos merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Sukabumi yang cukup dikenal oleh turis asing maupun domestik. Kenapa ?

Potensi hidrowisata atau wisata perairanlah yang membuat Ciracap cukup dikenal. Ya, keberadaan Pantai Cibuaya Ujunggenteng di Desa Ujunggenteng salah satu lokasi yang cukup tersohor sejak lama.

Tak sedikit turis asing mancanegara maupun turis lokal/domestik menikmati keindahan alam Pantai Ujunggeteng berwisata bersama famili, handai tolan, dan rekan sejawat di rumah, kantor, dan lain sebagainya.

Tak jarang turis mancanegara atau domestik yang sengaja menyewa cottage di dekat Pantai Ujunggenteng untuk berliburan menikmati pemandangan alam Pantai Ujunggenteng ciptaan Allah Yang Maha Esa dan Maha Kuasa.

Pantai Ujunggenteng yang berada di wilayah selatan dari Kecamatan Ciracap ini juga menjadi bagian dengan perbatasan Laut Lepas Samudera Hindia atau Samudera Indonesia. Pantai Cibuaya Ujunggenteng Kecamatan Ciracap ini juga merupakan salah satu aset pariwisata Kabupaten Sukabumi di samping pantai-pantai lainnya yang tersohor di Kabupaten Sukabumi.

Selain keindahan alam Laut/Pantai Cibuaya Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap juga menyimpan potensi laut lainnya, yakni Pantai Pangumbahan di Desa Pangumbahan. Di wilayah Pantai Pangumbahan juga terdapat tempat untuk penangkaran anak penyu hijau tukik yang dilestarikan.

Jarak Pantai Pangumbahan ke kantor Kecamatan Ciracap ada sekitar 15 kilometer ke arah selatan. Inipun menjadi bagian salah satu aset wisata Kabupaten Sukabumi karena dengan Pantai Ujunggenteng juga dikelola Pemkab Sukabumi melalui instansi terkait.

Sementara ada satu lagi potensi yang juga terkenal di Kecamatan Ciracap. Tersebutlah Batik Purwasedar yang juga banyak dikenal oleh penikmat batik yang tidak hanya lokal tanah air tapi juga mancanegara.

Keberadaan Batik khas Purwasedar justru pengrajinnya asli warga Kampung Purwasedar Desa Purwasedar Kecamatan Ciracap. Sejumlah warga di Kampung Purwasedar Desa Purwasedar sehari-harinya menjadi pengrajin batik Purwasedar. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *