Green Concept Gedung Kampus Baru Karya Mahasiswa

Gedung B Kampus NPU Mengusung Green Concept, Disain Hingga Pelaksanaan Dilakukan oleh Mahasiswa.

Fajar Maulana dan disain gedung kampus NPU karyanya.

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari bagaimana merancang, mem­bangun, serta merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar. Demikian diungkapkan Ketua Program Studi (Prodi) sekaligus Dosen Teknik Sipil Universitas Nusa Putra (NPU) Paikun, ST, MT kepada Radar Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, luas­nya bidang teknik sipil yang menjamin banyak­nya pilihan karir, membuat mata kuliah ini menjadi pilihan populer di kalangan mahasiswa. “Mahasiswa lulusan teknik sipil dapat memilih untuk mengambil spesialis di berbagai bidang studi baik rekayasa struktural,  teknik lingkungan, hingga nanoteknologi.”

Progres pembangunan Gedung B kampus Universitas Nusa Putra, Rabu (29/8/2018).

Berikut adalah lima alasan memilih Prodi Teknik Sipil NPU.

[1] Sudah Berdiri 11 Tahun Perkembangan Prodi Teknik Sipil NPU sejak pertama kali dibuka hingga tahun 2018  ini, sudah 11 tahun berjalan, dan semakin membaik. Dibuktikan secara institusi sudah mendapat Akre­ditasi B atau Baik Sekali dari BAN-PT. Untuk melakukan pro­ses akreditasi lagi, durasinya per 5 tahun.

[2] Keunggulan Teknik Sipil NPU {a} Prodi Teknik Sipil NPU, untuk mata kuliah umum nyaris tidak ada perbedaan dengan kampus lain. Bedanya di NPU lebih banyak praktek dan mempelajari aplikasi komputer teknik, sehingga mahasiswa selain menguasai ilmu teknik sipil, juga menguasai dunia arsitek. {b} Mahasiswa  Teknik Sipil NPU memiliki kemampuan mebuat disain dan gambar visual.

Bahkan, pembangunan Gedung B Kampus NPU yang mengusung green concept, karena merupakan bangunan hemat energi listrik pertama di Sukabumi, itu karya, dan dilakukan dan diawasi oleh mahasiswa teknik sipil NPU, dari mulai disain hingga pelaksanaan.

“Selain ahli dalam bi­dang struktur teknik sipil, juga menguasai arsitektur. Bisa dilihat dari hasil disain arsitektur mahasiswa teknik sipil,” pungkasnya, seraya memperlihatkan contoh-contoh karya mahasiswanya, Rizky Iqbal Rahmatullah Saepudin Putra dan Fajar Maulana.

[3] Berdaya Saing Tinggi dan Berakar pada Kearifan Lokal Memiliki visi mentereng yakni, menjadi Prodi unggul dan inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang teknik sipil yang memiliki daya saing tinggi dan berakar pada nilai-nilai kearifan lokal. Sehingga Prodi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra (NPU) sangat percaya diri mematok target tinggi bagi mahasiswanya yakni, mampu menghadapi era perdagangan global 2030.

[4] Dosen mumpuni, fasilitas memadai Gedung kampus srategis dan representatif serta dosen-dosen berkualitas lulusan perguruan tinggi ternama. Prodi Teknik Sipil NPU memasang misi untuk menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran di bidang teknik sipil untuk mengembangkan keilmuan berbasis kepada transformasi zaman. Sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif.

[5] Menghasilkan karya yang memiliki daya saing Prodi Teknik Sipil NPU melaksanakan penelitian untuk menghasilkan karya yang memiliki daya saing tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional, dengan cara mengembangkan dan mengintegrasikan perkembangan keilmuan teknik sipil terhadap nilai-nilai kearifan lokal dan peradaban bangsa.”

7 Beda Mata Kuliah Teknik Sipil NPU dengan Perguruan Tinggi Lain

[1] Mata kuliah teknik sipil mempunyai ruang lingkup luas, di dalamnya ada pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, dan lingkungan hingga komputer.

[2] Mata kuliah teknik sipil NPU mempelajari tentang cara merancang­bangun serta merenovasi gedung dan infrastruktur.

[3] Pada umumnya, teknik sipil meliputi mekanika teknik, gambar teknik, mekanika tanah, ilmu ukur tanah, dan pemindahan tanah mekanis. Di NPU pun mahasiswa mempelajari mata kuliah tersebut.

[4] Di NPU, dipelajari juga struktur fondasi, bangunan, jalan dan jembatan, hingga beton, baja, dan kayu agar tahan guncangan gempa.

[5] Dalam perkembangannya, ilmu teknik sipil juga sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya. Dengan demikian, teknik sipil  mampu mengubah hutan menjadi kota besar.

[6] Mahasiswa Teknik Sipil NPU juga mempelajari mengenai perencanaan proyek dan mekanisme kontrol, manajemen proyek konstruksi, analisa mengenai dampak lingkungan dari proyek yang akan dikerjakan, perencanaan transportasi, teknologi bahan konstruksi, hingga aplikasi komputer dan ekonomi teknik.

[7] Mahasiswa Teknik Sipil NPU, selain mata kuliah umum teknik sipil, juga mempelajari mata kuliah gambar teknik, aplikasi komputer teknik, manajemen konstruksi, dan transportasi. Sehingga, menguasai teknik sipil dan arsitektur.

Alasan Memilih Teknik Sipil NPU

Siti Devi

Mahasiswi Prodi Teknik Sipil

Gadis yang lahir di Sukabumi pada 8 Agustus 1997, ini memilihkuliah di Universitas Nusa Putra karena biaya terjangkau, kampusnya bagus, dan tempatnya sangat strategis.

Abdul Basit

Mahasiswi Prodi Teknik Sipil

“Alasan saya memilih kuliah di Universitas Nusa Putra karena dekat dengan rumah. Tertarik dengan teknik sipil kaena saya menyukai bekerja di lapangan.

CEP SAEFULOH

ALUMNI TEKNIK SIPIL 2006

KONSULTAN PENGKAJI  REKOMENDASI TEKNIS SERTIFIKAT LAYAK  FUNGSI UNTUK BANGUNAN GEDUNG TINGGI DKI JAKARTA

Kuliah di Nusa Putra itu menyenangkan, komunikasi antara dosen dan mahasiswa begitu dekat, hangat, dan masih ada hormat. Sangat membuat nyaman.

Selain itu, selalu ada hal-hal baru yang didapatkan selama kuliah, selalu mengesankan ketika kita mendapatkan pelajaran baru dari dosen, serta  mendapatkan motivasi agar fokus kuliah.

Harapan saya dosen Univesitas Nusa Putra ke depannya tetap bisa menjaga hubungan baik dengan mahasiswa, serta dapat meningkatkan kembali cara mengajar yang efektif.

HERDY OKTAVIANA NUGRAHA

ALUMNI TEKNIK SIPIL 2005

BEKERJA DI CHEVRON, STAR ENERGY GEOTHERMAL SALAK, LTD (PT. DEPRIWANGGA)

Sangat menyenangkan. Saya bangga menjadi alumni dan tidak akan terlupakan. Dosen-dosennya yang baik, dan program studi yang memberi tantangan tersendiri dalam menimba ilmu sampai akhir.

Harapan saya untuk Universitas Nusa Putra, dapat go internasional. Satu Kampus, Satu Favorit, Satu Sukabumi.

Pesan untuk adik-adik mahasiswa yang menimba ilmu di Universitas Nusa Putra, mencari kerja itu tidak mudah. Belajarlah sungguh-sungguh, agar mendapat ilmu bermanfaat. Karena kelak kalianlah yang akan memetik hasilnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *