Asian GamesSUKABUMI

Pencak Silat Indonesia, Sikat Habis 8 Medali Emas

Indonesia berpesta pora medali emas dari pencak silat. Total delapan medali emas yang diperebutkan pada Senin (27/8) berhasil disapu bersih. Dua medali emas terakhir datang dari nomor putri kelas C (55kg-60kg) dan putra kelas B (50kg-55kg).

Dari nomor putri, pesilat Sarah Tria Monita berhasil menghempaskan pesilat asal Laos, Nong Oy Vongphakdy dengan skor 5-0. Skor ini didapat dengan perolehan poin yang terpaut cukup jauh.

Pada babak pertama, Sarah berhasil mencetak poin 7,7,7,6,3. Sebaliknya Nong tidak dapat berbuat banyak. Dia hanya mampu mencetak poin 1,0,0,0,4.

Di babak kedua Sarah tetap dapat memimpin jalannya pertandingan. Dengan mudah dia mampu mendapatkan poin. Pada babak itu dia mendapatkan poin 5,3,3,3,5. Sementara lawannya tidak menunjukkan progres sama sekali. Dia hanya mampu mencatatkan poin 1,0,0,0,4.

Dominasi Sarah makin terlihat di babal ketiga. Bahkan dapat dikatakan dia makin mengganas. Beberapa kali dia berhasil memberikan tendangan yang menghasilkan poin. Pada babak ini dia berhasil meraih poin 6,6,8,6,8. Sedangkan lawannya hanya mampu meraih poin 2,2,0,2,0.

Namun hal berbeda terjadi pada kelas B putra. Abdul Malik yang turun di kelas ini tampak kesusahan menumbangkan lawannya, Muhammad Faizul M Nasir asal Malaysia.

Hal ini dikarenakan keduanya sama-sama bermain defensif. Bahkan pada babak pertama Abdul hanya berhasil mencatatkan poin 3,3,3,3,3. Sementara lawannya tidak menghasilkan poin sama sekali.

Di babak kedua pertandingan makin terasa alot. Meskipun keduanya saling melancarkan serangan, namun hal tersebut tidak menghasilkan poin sama sekali.

Di babak ketiga pesilat Malaysia akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Dia mampu menghasilkan poin 1,1,1,1,1. Sebalilnya Abdul justru mendapatkan pelanggaran sehingga poinnya berkurang satu. Namun hal ini tidak mengubah keadaan. Perolehan poin Abdul tetap lebih tinggi sehingga emas berhasil jatuh ke tangannya.

Dengan demikian Indonesia berhasil menyapu bersih seluruh emas pada delapan pertandingan yang digelar di Padepokan Pencak Silat, Jakarta Timur. Keberhasilan ini sekaligus menjadi perolehan emas terbanyak dalam satu cabang olahraga selama Asian Games berlangsung. (ce1/mat/JPC)

Tags

Tinggalkan Balasan