Panjat Pinang Jadi Ciri Khas Hut RI

WARUNGKIARA— Untuk Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73, lomba panjat pinang masih menjadi hiburan paforit warga Kabupaten Sukabumi. Warga meyakini, hiburan rakyat ini bisa menumbuhkan rasa persatuan dan gotong royong di tengah-tengah masyarakat.

Pantauan koran ini, hampir di seluruh pelosok daerah Sukabumi menggelar hiburan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Bagi warga, akan terasa hambar peringatan Agustusan ini bila tidak melaksanakan lomba panjat pinang.

“Terasa hambar saja bila tidak melaksanakan hiburan panjat pinang ini. Mungkin sudah menjadi hal kebiasaan,” ujar Ketua Panitia Kegiatan Agustusan Kampung Babakan Baru, Desa/Kecamatan Warungkiara, Dodi Arisandi kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Menurut Dodi, pelajaran yang bisa diambil dari lomba panjat pinang ini ialah menguatkan rasa persatuan dan gotong royong di tengah-tengah masyarakat. Pasalnya untuk dapat meraih juara, seluruh peserta dipastikan perlu kerjasama dari peserta lainnya.

“Lomba ini sederhana, tapi hikmahnya bagi sungguh sangat luar biasa. Salah satunya dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antara yang satu dengan yang lainnya,” pungkasnya.

Lomba panjat pinang juga digelar di wilayah Palabuhanratu, tepatnya di pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. Warga baik dari kalangan muda maupun tua, turut serta memeriahkan acara dengan mengikuti lomba.

“Kegiatan ini bagi kami merupakan hal yang rutin pada setiap Agustus. Ya seperti yang lain, kegiatan ini bisa memperkuat persatuan,” pungkasnya.

 

(ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *