Indonesia U-23 vs Hongkong U-23

BEKASI – Tiket lolos ke babak 16 besar Asian Games 2018 sudah di tangan timnas U-23 Indonesia. Namun, bukan berarti tim asuhan Luis Milla itu akan mengendurkan kekuatan ketika menghadapi Hongkong U-23 di Stadion Patriot, Bekasi, malam ini (siaran langsung SCTV pukul 19.00 WIB).

Ya, meski kalah dalam pertandingan hari ini, tiket tetap berada di tangan karena status peringkat ketiga terbaik telah terkunci. Itu tidak lepas dari hasil di beberapa grup lain yang bermain kemarin. Namun, lolos dengan peringkat ketiga bisa menyulitkan bagi Merah Putih di babak berikutnya.

Bacaan Lainnya

Apabila lolos sebagai peringkat ketiga terbaik, maka kemungkinan pada babak 16 besar Indonesia akan berhadapan dengan juara grup B Uzbekistan atau juara grup C Tiongkok. Kedua tim itu sangat fantastis di fase grup dengan selalu menang dalam tiga pertandingan.

Uzbekistan bahkan lebih beringas dengan mencetak 10 gol dan sama sekali tak pernah kebobolan dalam tiga pertandingan. Padahal, pesaing mereka tidak ringan, seperti Thailand, Qatar, dan Bangladesh. Adapun Tiongkok selalu menang atas Syria, Uni Emirates Arab (UEA), dan Timor Leste.

Pelatih Indonesia U-23 Luis Milla telah memastikan akan turun dengan kekuatan terbaik dan memburu kemenangan. Winger Irfan Jaya yang sempat dikhawatirkan karena kurang fit, sudah siap. ’’Irfan sudah fit, kemungkinan susunan pemainnya sama seperti ketika lawan Laos (17/8),’’ jelas asisten pelatih Indonesia U-23 Bima Sakti.

Berdasarkan pemantauan terhadap permainan Hongkong, staf pelatih Indonesia menyimpulkan lawan memiliki penguasaan bola yang baik di lini tengah. ’’Mereka juga punya postur tinggi-tinggi,’’ katanya. ”Karena itu Luis Milla meminta lebih rapat di tengah,” lanjut Bima.

Antisipasi bola mati juga diharap bisa jadi fokus timnas. Bima menjelaskan sepakan bebas Hongkong cukup berbahaya. Selain itu, lemparan bola ke dalam juga menjadi senjata andalan anak asuh Kenneth Kar Lok Kwok tersebut. ’’Nomor tiga (Wang Kit Tsui) sangat berbahaya lemparan ke dalamnya,’’ ujarnya.

Di sisi lain, pelatih Hongkong Kenneth Kar Lok Kwok menjelaskan bahwa sangat menantikan laga melawan Indonesia. Sebab, selain perebutan juara grup A, juga dukungan suporter Indonesia bisa menjadi tantangan buat timnya. ’’Kami sudah siap untuk itu. Saya menggaransi pertandingan bakal berjalan menarik,’’ tuturnya.

Kenneth mengatakan, skuadnya tidak bakal lengkap ketika menghadapi Indonesia nanti malam. Bek tengah yang juga pemain naturalisasi andalannya Fernando Recio Comi tidak bisa bermain karena cedera. Meski begitu, dia sudah menyiapkan satu pemain untuk jadi pengganti.

Menurut dia, ada tiga pemain Indonesia yang patut diwaspadai. Selain Beto Goncalves dan Stefano Lilipaly, Hongkong juga mewaspadai winger lincah Febri Hariyadi. Kecepatan dan skill menggiring bolanya yang bagus menjadi ancaman. ’’Tapi, kami juga tahu kelemahan lawan. Kami punya kans besar untuk menang besok (hari ini, Red),’’ bebernya.

Berbeda dengan Indonesia yang butuh menang untuk menjadi juara grup A, Hongkong hanya butuh imbang untuk merebut status juara grup. Sebab, dengan tambahan satu angka, Hongkong akan memiliki koleksi angka sama banyak dengan Palestina, tapi punya produktifitas gol lebih baik.

Klasemen Sementara Grup A

1. Palestina 4 2 2 0 5-3 8
2. Hongkong 3 2 1 0 8-2 7
3. Indonesia 3 2 0 1 8-2 6
4. Taiwan 3 0 1 2 0-8 1
5. Laos 3 0 0 3 2-8 0

Kalkulasi Grup A

Palestina
-Sudah lolos ke babak 16 besar.

Hongkong
-Sudah lolos ke babak 16 besar, meski kalah oleh Indonesia, masih bisa lolos lewat peringkat ketiga terbaik.
-Juara grup A apabila tidak kalah oleh Indonesia.

Indonesia
-Sudah lolos ke babak 16 besar, meski kalah oleh Hongkong, masih bisa lolos lewat peringkat ketiga terbaik.
-Juara grup A apabila menang atas Hongkong.

Naturalisasi Jadi Tumpuan

KALAU timnas U-23 Indonesia memiliki Stefano Lilipaly dan Beto Goncalves, Hongkong U-23 juga memiliki pemain naturalisasi. Sama halnya dengan di Indonesia, keberadaan mereka menjadi andalan dalam timnya. Berikut para penggawa naturalisasi Indonesia dan Hongkong. (*)

Indonesia

Stefano Lilipaly
Posisi: Gelandang serang, winger, striker
Caps: 6 main, 2 gol
Klub: Bali United
Kelahiran: Arnhem, Belanda
Usia: 28 tahun

Beto Goncalves
Posisi: Striker
Caps: 3 main, 3 gol
Klub: Sriwijaya FC
Kelahiran: Belem, Brasil
Usia: 37 tahun

Hongkong

Fernando Recio
Posisi: Bek
Caps: 4 main
Klub: Kitchee
Kelahiran: Barcelona, Spanyol
Usia: 35 tahun

Jordi Tarres
Posisi: Striker
Caps: 5 main, 2 gol
Klub: Kitchee
Kelahiran: Barcelona, Spanyol
Usia: 37 tahun

Perkiraan Pemain

Indonesia (4-3-3): 12-Andritany Ardhiyasa (g); 2-I Putu Gede, 16-Hansamu Yama (c), 15-Ricky Fajrin, 7-7-Rezaldi Hehanusa; 4-Zulfiandi, 10-Stefano Lilipaly, 6-Evan Dimas; 18-Irfan Jaya, 9-Alberto Goncalves, 13-Febri Haryadi
Pelatih: Luis Milla

Hongkong (4-3-3): 1-Ho Chun Yuen (g); Hok Ming Lau (c), 5-Vasudeva Das Lilley Nunez, 3-Wang Kit Tsui, 15-Pui Hong Yu; 7-Hin Lung Cheng, 8-Remi Dujardin, 6-Chun Lok Tan; 11-Mattew Elliot Wing Kai Orr, 18-Jorge Tarres Paramo, 9-Wai Keung Hung
Pelatih: Kenneth Kar Lok Kwok

Stadion: Patriot Chandrabhaga, Bekasi
Live: SCTV pukul 19.00 WIB

 

(rid/ham)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *