Unpak Adakan Seminar Pendidikan Karakter

PALABUHANRATU– Ratusan siswa dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Palabuhanratu, ikuti seminar pendidikan karakter yang diadakan oleh Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan.

Kegiatan seminar yang diadakan di Aula PKK Pendopo Palabuhanratu, Jalan Raya Yulinus Usman, Nomor 2, Palabuhanratu, kemarin (8/8) merupakan salah satu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu.

Bacaan Lainnya

Ketua Pelaksana Seminar Pendidikan Karakter, Idzni Shafina Marwanto mengatakan, peserta yang mengikuti seminar ini, merupakan siswa dari beberapa sekolah yang berada di Kecamatan Palabuhanratu. Diantaranya SMP IT Miftahul Amal Jayanti, SMP IT Yasin, SMPN 2 Palabuhanratu, SMK Doa Bangsa, SMPN 1 Simpenan, SMK Harapan Bangsa dan SMK Yasin. “Ada sekitar 155 siswa yang mengikuti seminar ini,” kata Idzni kepada koran ini, kemarin (8/8).

Dirinya berharap, kedepannya, peserta tidak hanya puas dengan penyelenggaraan seminar ini, namum harus dibarengi dengan sikap kritis. “Karena dengan sikap kritis dalam mencari ilmu dapat menjadikan seseorang memiliki wawasan yang luas,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Desa Jayanti, Agus Muslihat menjelaskan, pihaknya merasa bangga atas kontribusi yang diberikan para mahaiswa saat melakukan KKN di Desa Jayanti. “KKN ini, membawa dampak posistif bagi masyarakat. Terlebih dengan seminar yang diadakan oleh peserta KKN di Desa Jayanti telah memperharum nama Desa Jayanti,” katanya.

Pendidikan karakter, sambung Agus, merupakan kegiatan yang didalamnya berisi tindakan yang mendidik. Untuk itu, pendidikan karakter harus diberikan kepada anak sejak usia dini.”Dalam usia seperti ini, kita harus mulai mengajarkan dan mengapliksikan nilai-nilai pancasila kedalam kehidupan sehari-hari hingga sampai pada rasa sangat cinta terhadap negeri,” pungkasnya.

 

(cr13/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *