JAWA BARAT

Nelayan di Pangandaran Diminta Tidak Melaut

PANGANDARAN— Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso meminta kepada para nelayan sementara tidak melaut. Pasalnya diprediksi gelombang tinggi masih terus terjadi pada minggu-minggu ini di Pantai Pangandaran.

“Sudah kita lakukan imbauan melalui Polair dan Polsek jajaran di Pangandaran, sebaiknya sementara gelombang tinggi ini nelayan tidak melaut,” kata Bismo, kemarin (24/7).

Menurutnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan nelayan di darat memanfaatkan libur melaut. Seperti memperbaiki jaring ikan dan perahu. Sehingga saat kembali melaut sudah siap untuk menangkap ikan.

“Menurut Informasi, gelombang tinggi di Pantai Pangandaran, yang memiliki batas dengan pantai selatan ini masih tinggi dalam minggu ini, sebaiknya menjauhi bibir pantai dulu,” kata Bismo.

Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Pangandaran Dodo Taryana mengatakan pihaknya tetap bersiaga menjaga wisatawan di Pantai Pangandaran. Terutama ketika gelombang tinggi yang terjadi saat ini.

“Tetap kita imbau para wisatawan untuk tidak berenang terlalu jauh ke tengah. Karena memang untuk menutup lokasi sementara itu harus dilakukan koordinasi dengan AL dan Dinas Pemkab,” ujar Dodo saat dihubungi.

Ia mengaku sedikit lega meski gelombang tinggi terjadi. Pasalnya jumlah wisatawan yang datang ke Pangandaran tidak terlalu ramai.

“Untuk kali ini kami menyiagakan 15 anggota yang disebar di beberapa titik, kami tetap meningkatkan kewaspadaan,” ujar Dodo.

 

(net)

Tags

Tinggalkan Balasan