Si Mungil Cantik Ini Wakil Indonesia di Level Internasional

Noriko Khang, pelajar asal Balikpapan, Kaltim, mengukir prestasi di tingkat internasional. Dia mewakili Indonesia dalam Bulgaria International Mathematics Competition (BIMC) 2018. Dan membawa pulang medali.

DINA ANGELINA, Balikpapan

Bacaan Lainnya

GADIS mungil ini melempar senyum saat awak media ini bertandang ke rumahnya di daerah Balikpapan Kota, Selasa (10/7). Meski lelah masih tergambar di wajah kecil itu, Noriko tetap menerima wawancara dengan baik.Siswa Kelas 6 SD KPS Balikpapan tersebut baru saja tiba di Balikpapan, Minggu (8/7) malam, setelah melewati perjalanan kurang lebih 30 jam dari Benua Eropa.

Noriko bersama sebelas orang lainnya mewakili Tanah Air pada kompetisi matematika yang berlangsung 3–7 Juli. Dalam perjalanan tersebut, Noriko harus mandiri karena tanpa ada orangtua yang menemani. Para finalis hanya berangkat dengan guru pendamping.

Sesungguhnya putri pasangan Rudy Susanta dan Henny Setiawan itu tak menduga bisa berangkat ke Bulgaria. Kisah bermula dari keikutsertaannya dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017. Peserta OSN yang meraih medali berkesempatan melewati seleksi untuk International Mathematics and Science Olympiad (IMSO).

Dari 30 peserta yang ikut seleksi, terpilih enam orang untuk berkompetisi yang berlangsung di Singapura pada November 2017. Setelah IMSO berakhir, Noriko mendapat kabar bahwa dirinya terpilih lagi mewakili Indonesia. Kali ini dalam ajang yang berbeda yakni BIMC 2018. Dia mengaku baru mengetahui kabar tersebut sekitar Mei lalu.

Sebelum berangkat ke Bulgaria, Noriko sempat mendapatkan pelatihan atau karantina sebanyak dua kali di Jakarta. “Setiap kali pelatihan menyita waktu sembilan hari. Jadi masih bolak balik Jakarta – Balikpapan. Karena belum masuk masa ujian kenaikan sekolah,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *