OLAHRAGAPiala DuniaSEPAKBOLA DUNIA

Butuh Waktu 20 Tahun Prancis Juarai Piala Dunia Kedua

RUSIA— Timnas Prancis akhirnya menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia setelah di babak final di Moskow, Minggu (15/07) malam setelah menundukkan Kroasia dengan skor akhir 4-2. Bagi Prancis ini adalah gelar juara yang kedua di ajang turnamen akbar Piala Dunia harus menunggu 20 tahun lamanya. Mereka pertama kali merebut gelar ini pada 1998 di kandang sendiri.

Berdasarkan pantauan radarsukabumi.com, memang permainan Prancis lebih rapi dan serangan-serangan yang mereka bangun, baik dari bawah maupun melalui serangan balik, jauh lebih tajam. Diketahui, Prancis terlebih dulu mencetak gol melalui gol bunuh diri Mario Mandzukic di menit ke-19. Gol ini berawal dari tendangan bebas pemain Prancis Antoine Griezmann yang disundul Mandzukic ke gawang sendiri.

Namun, pada menit ke-28 Kroasia menyamakan kedudukan melalui Ivan Perisic di menit ke-28 yang memanfaatkan kemelut di depan gawang kiper Prancis, Hugo Lloris. Tendangan kerasnya melesak menggoyang jala gawang Lloris. Tak berselang lama, Prancis kembali unggul setelah wasit menunjuk titik putih setelah melihat Video Assistant Referee (VAR), kali ini melalui tendangan penalti Griezmann di menit ke-38 menyusul hand ball pemain Kroasia saat Prancis melalukan tendangan sudut. Dengan kaki kiri Griezmann mengecoh kiper Kroasia sekaligus mengubah papan skor menjadi 2-1 untuk Prancis.

Alih-alih untuk mengejar kekalahan, krosia malah harus menerima gol ketiga Prancis setelah menambah keunggulan masing-masing melalui Paul Pogba di menit ke-59 dan bintang muda mereka yang baru berusia 19 tahun, Kylian Mbappe di menit ke-65. Seakan tidak ada lagi gol, dan prancis dinyatakan juara. Namun, melalui Mandzukic di menit ke-69 Kroasia memperkecil ketinggalan, Marzukic menghadang bola dari Lloris dan menembakkannya ke gawang Prancis. Blunder yang membuat babak final Piala Dunia menjadi lebih seru. Kroasia beberapa kali mencoba bangkit, namun malam ini bukan bagi mereka untuk mencatat sejarah dan harus rela mempersilahkan Prancis kembali juara dunia untuk kedua kalinya. (die)

Tags

Tinggalkan Balasan