Sejumlah Pengaduan PPDB Masuk KPAI

Permasalah jumlah sekolah juga terjadi di kawasan yang padat penduduk. ”Dengan sistem zonasi, mungkin kuotanya sudah penuh untuk siswa yang rumahnya radius 500 meter dari rumah atau bahkan kurang dari 500 meter. Misalkan kuota zonasi adalah 200 siswa, yang mendaftar 500, maka 300 orang tidak diterima hanya kalah oleh jarak,” ucap Retno.

Sementara itu Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy mengatakan, jika evaluasi akan dilakukan setelah penutupan PPDB. Dia menjelaskan jika mereka yang belum diterima pada saat ini akan didata. ”Kan nanti setelah pendaftaran ini tidak otomatis tutup yang tidak dapat sekolah nanti dibantu,”ungkapnya.

Menanggapi soal SKTM tidak valid, Muhadjir meminta agar orang tua tidak mengajari anaknya untuk berbohong. Menggunakan SKTM untuk mengejar sekolah favorit tidak diperkenankan. ”Sekolah favorit itu hanya mindset aja. Tidak ada sekolah favorit,” bebernya.

”Kalau tidak sesuai dengan ketentuan harus dikembalikan ke orang tuanya agar mematuhi ketentuan yang ada,” ungkapnya. Selain itu Muhadjir pun setuju jika pejabat yang memberikan SKTM itu harus diberikan sanksi.

 

(lyn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *