PENDIDIKAN

Uang Pangkal Minimal Rp70 Juta

JAKARTA – Meski pengumuman kelulusan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah usai, namun calon mahasiswa masih berharap bisa berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Salah satu solusinya dengan menempuh jalur mandiri. Untuk jalur itu dari tahun ke tahun peminatnya.

Padahal, jalur tersebut mewajibkan Calon Mahasiswa Baru (Camaba) membayar lebih mahal daripada jalur-jalur lainnya. Tidak hanya membayar Uang Kuliah Semester (UKS), tetapi juga ada sumbangan yang dibayar sekali ketika masuk.

Penyebutannya berbeda-beda. Di Unair disebut Uang Kuliah Awal (UKA), sementara di ITS dinamai Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Besarannya juga beda.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Achmad Solihin mengatakan, mayoritas sasaran jalur mandiri adalah kalangan ekonomi menengah ke atas. UKS yang diberikan akan disesuaikan dengan kemampuan camaba.

Namun, pastinya ada di golongan 4 dan 5. “Paling besar UKS golongan 5 sekitar Rp21,5 juta per semester untuk prodi kedokteran,” katanya.

Tahun ini ada lima golongan UKS. Paling murah golongan 1 Rp500 ribu. Besaran di setiap prodi akan berbeda-beda. Begitu juga UKA. Solihin menjelaskan, Unair sudah menentukan UKA dan UKS minimal di setiap prodi.

1 2 3 4 5Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close