‘Golden Age, Masa Usia Emas Penentu Masa Depan Anak’

BUAH hati merupakan kado terindah yang telah tuhan berikan kepada orang tua sebagai amanah yang harus dijaga. Para orang tua tentunya memiliki harapan agar kelak sang buah hati dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka dari itu orang tua harus memperhatikan tumbuh kembang anak dari sejak dalam kandunga hingga lahir. Orang tua jangan merasa puas dengan dengan pertumbuhan fisik saja karena selain pertumbuhan berat badan dan tinggi badan orang tua juga harus memperhatikan perkembangan motorik halus dan motorik kasar, kognitif, berbicara, dan perilaku sosial.

Dalam perkembangan anak kita kenal sebagai Golden Age Period. Apa itu Golden Age Period? Istilah ini merupakan fase emas atau fase penting dalam perkembangan anak. Golden Age Period atau fase emas adalah fase dimana anak pada usia 0-5 tahun mengalami percepatan perkembangan hingga 80%. Pada masa ini informasi baik atau buruk akan diserap dengan baik oleh anak dan akan membentuk karakter anak dimasa yang akan datang.

Bacaan Lainnya

Peran orang tua dalam memanfaatkan fase emas ini agar tidak terlewati, berikut tipsnya:

1. Memperhatikan anak pada usia 0-1 tahun. Pada tahap ini bayi di anjurkan untuk mendapatkan asupan gizi terbaik dan tentunya dianjurkan pemberian ASI. Pada fase ini pula orang tua dapat mempersiapkan pemberlajaran bagi anak pada tahap selanjutnya.

2. Memberikan stimulasi yang tepat sesuai kebutuhan dan tahap usianya. Misalnya pada masa ini dikenalkan pada indra pendengaran dengan cara bercerita, indra penglihatan dengan cara bermain , dikenalkan dengan objek yang akan merangsang motoric halus dan kasar sang anak.

3. Tingkat perkembangan anak berdeda-beda maka orang tua tidak perlu memaksakan jika anak tidak mampu. Jangan memaksakan anak untuk melalukan hal yang membuat anak tersebut stress. Orang tua perlu bijak da sabar dalam mengamati perkembangan anak serta selalu berikan pujian pada anak di setiap perbekembangannya.

4. Jangan mengekang anak. Bebaskan anak untuk memilih bakat dan minat yang dia mau asalkan tetap aman dan dalam pengawasan orang tua.

Semua orangtua pasti menginginkan tumbuh kembang anaknya optimal. Sehat, lincah, pintar, aktif menjadi harapan setiap orangtua. Untuk mendukung tumbuh kembang anak, terutama di masa-masa golden period, fase ini adalah fase dasar untuk mengembangkan kemampuan sang anak secara kognitif, motoric, bahasa, agama dan social bagi sang anak. Maka berikanlah pengalaman yang bermanfaat bagi anak, memberikan pendidikan, stimulasi, dengan maksimal dan mengenalkan berbagai aktivitas yang diminati oleh anak.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian, Salam semakin sehat untuk kita semua dari kami, keluarga besar Rumah Sakit Betha Medika.

 

Oleh : Siti Nurul Alfiah,S.ST
Kepala Ruangan Kamar Bersalin RS Betha Medika

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *