8 BUMN Konstruksi Berebut Proyek

Tidak hanya perusahaan milik negara yang bersaing menggarap proyek. Dia mengatakan dari pihak swasta nasional bahkan internasional juga ikut mengincar proyek tersebut.

Dari swasta nasional ada Equis, PT Acset Indonusa, PT Prambanan Dwipaka, PT Sumber Mitrajaya, PT Semesta Energi Services, dan PT Pama Per­sada Nusantara. Satu perusahaan merupakan kontraktor swasta asing yaitu HCM Engineering.

Bacaan Lainnya

Dari 16 perusahaan yang meng­isi kuesioner, 15 perusahaan menyatakan minatnya dengan proyek luar Jawa ini. Arief menjelaskan, pada kegiatan Konfirmasi Minat Pasar tersebut salah satu masukan dari peserta yang hadir ialah terkait ‘financial close’.

“Mereka meminta untuk diperpanjang jangka waktunya, yang awalnya tiga bulan menjadi enam bulan,” kata dia.
Target kontrak diperkirakan berubah ke akhir 2018, tetapi masa kontruksinya masih bisa berjalan di Maret 2019.

Pemerintah menawarkan proyek pemeliharaan (preservasi) jalan nasional di Sumatera Selatan senilai Rp 2,2 triliun dengan skema pembiayaan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) ketersediaan layanan ke investor. Menu­rutnya, model penawaran ini terbilang baru.

“Karena proyek berskema KPBU itu sebelumnya hanya untuk jalan tol tapi ini juga untuk bukan jalan non-tol,” kata dia. Tugaskan PT PII

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *