KABUPATEN SUKABUMINASIONAL

Rencana Pemekaran Kabupaten Sukabumi Kembali Kandas

JAKARTA – Penggiat pemekaran Kabupaten Sukabumi nampaknya kembali harus gigit jari. Pasalnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo lagi-lagi belum bisa menyetujui rencana pemekaran tersebut.

Ia mengaku, selama empat tahun belakangan usulan pemekaran wilayah yang masuk ke mejanya mencapai 314 permintaan. Namun hingga saat ini pemerintah maupun Kemendagri masih menolak usulan itu.

Sedangkan, Indonesia sendiri telah mengalami pemekaran wilayah berkali-kali. Baik di tingkat kabupaten atau kota maupun provinsi. Berbagai alasan digunakan para pengusul pemekaran.

“Sampai saat ini, total ada sebanyak 314 usulan pemekaran (termasuk Sukabumi) dari beberapa daerah. Namun sampai sekarang belum bisa disetujui,” kata Tjahjo di Hotel Borobudur, Jakarta Pusa.

Tjahjo menuturkan, daerah yang mengajukan pemekaran seperti Bauk, Sumbawa, Cirebon, Sukabumi, Barito, Buton,Tapanuli hingga Nias. Meskipun telah dibahas selama empat tahun, belum satupun yang disetujui.

Penolakan itu lantaran dalam melakukan pemekaran wilayah membutuhkan kesiapan kesiapan infrastruk dan fasilitas. Faktor anggaran juga menjadi yang diperhitungkan sehingga pemerintah belum mengabulkan permintaan pemekaran wilayah.

loading...
1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close