Selama Ramadan BPSK Terima Empat Pengaduan

CIKOLE— Sepanjang Ramadan hingga saat ini, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Sukabumi baru menerima empat pengaduan konsumen. Adapaun, kasus pengaduan tersebut diantaranya, dua pengaduan permasalahan terkait jasa kredit (lising) kendaraan mobil.

Kepala BPSK Kota Sukabumi, Oscar Lesnusa mengatakan, permasalahan yang diadukan terkait jasa pembiayaan kredit kendaraan tersebut rata-rata berkaitan dengan mekanisme penarikan kredit. Keluhannya berkaitan dengan debt collector atau jasa penagih yang diduga menyalahi prosedur.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, untuk pengaduan kaitannya dengan perbankan antara lain, menyangkut informasi beban dan kewajiban nasabah yang dinilai tidak jelas, serta berkaitan dengan penghitungan suku bunga angsuran yang dinilai tidak transparan.

“Sampai saat ini, kita sudah menyelesaikan tiga kasus dari ke empat pengaduan tersebut dan satu kasus masih dalam proses yakni pengaduan konsumen lising,” ujarnya kepada Radar Sukabumi di kantornya, kemarin (26/6).

Kendati demikian, Oscar mengaku, sebagian besar dapat diselesaikan dengan mempertemukan pihak lembaga pembiayaan dengan konsumen. Semuanya selesai dalam mediasi yang dilakukan BPSK, dan tidak ada yang sampai keberatan dan melanjutkannya.

Oscar menambahkan, saat ini kendala yang dialami oleh BPSK yakni keterbatasan anggaran untuk sosialisasi. Sehingga, yang terjadi masih sedikitnya masayarakat yang tahu kantor BPSK dan fungsinya. Menurutnya, jika masyarakat Kota Sukabumi sudah banyak mengerti fungsi BPSK kemungkinan pengaduan dari konsumen lebih banyak lagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *