Kroos Selamatkan Jerman Dari Kutukan, Menang Dramatis Atas Swedia

Timnas Jerman berhasil lepas dari kutukan, meraih kemenangan di fase Grup F Piala Dunia 2018.Pasukan J Low berhasil memetik angka penuh pertamanya dengan menundukkan Swedia 2-1, di Stadion Olimpiyskiy Fisht, Sochi, Minggu (24/6) dini hari WIB.

Babak pertama, Jerman  memegang kendali permainan. Banyak peluang yang tercipta baik dari Julian Draxler, Thomas Mueller, serta Timo Werner.

Bacaan Lainnya

Namun dewi keberuntungan seperti enggan berpihak ke kubu Der Panzer. Meski ditekan secara bertubi-tubi, Swedia nyatanya bisa selamat dari ancaman kebobolan.

Sebaliknya, mereka justru tertinggal lewat skema serangan balik. Berawal dari umpan Viktor Claesson, Ola Toivonen kemudian berhasil memanfaatkan lengahnya lini belakang Jerman. Pada menit 32, bola bersarang di sisi kanan gawang.

Tak lama berselang Jerman nyaris menyamakan kedudukan lewat sepakan Mueller. Namun kiper Swedia, Robin Olsen tampil gemilang karena untuk kesekian kalinya ia bisa menggagalkan peluang tim lawan.

Di penghujung babak pertama, giliran Manuel Neuer yang beraksi secara mengagumkan. Sang pemain sukses menepis bola hasil sundulan Marcus Berg ke pojok kanan gawang.

Memasuki babak kedua Jerman langsung menyerang, tiga menit berselang Marco Kreus berhasil menyamakan kedudukan. Skor menjadi imbang 1-1.

Gol tersebut meningkatkan kepercayaan diri Jerman untuk bermain lebih agresif. Tekanan terus mereka berikan ke jantung pertahanan Swedia. Namun usaha Jerman selalu terhalang oleh ketangguhan Robin Olsen di bawah mistar gawang.

Pada menit 82, Jerman harus bermain dengan 10 orang menyusul dikeluarkannya Jerome Boateng karena sudah menerima dua kartu kuning. Untungnya keadaan tersebut tak bisa dimanfaatkan oleh Swedia. Meski unggul jumlah pemain, tim asuhan Janne Andersson gagal menyarangkan si kulit bundar ke gawang Manuel Neuer.

Di menit 88, aksi gemilang Olsen kembali menghiasi pertandingan ini. Secara mengejutkan ia mampu menepis sundulan Mario Gomez dari jarak dekat.

Tak lama berselang, giliran tiang gawang yang menyelamatkan Swedia. Padahal bola yang ditendang Julian Brandt sudah tidak bisa digapai oleh Olsen.

Jelang laga usai, Swedia akhirnya kecolongan. Tepatnya menit 90+5 Toni Kroos berhasil mengubah keadaan jadi 2-1. Dari sisi kanan gawang, Kroos melepaskan sepakan melengkung yang tak bisa ditepis oleh Olsen.

Berkat kemenangan ini, Jerman masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Untuk sementara Jerman dan Swedia sama-sama mengantongi tiga poin. Laga penantuan akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang dimana Jerman akan bertarung melawan Korea Selatan, sementara Swedia bakal bentrok dengan Meksiko.

Jerman vs Swedia

Susunan pemain
Jerman (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, Rudiger, Boateng, Hector (Brandt 87′); Rudy (Gundogan 31′), Kroos; Mueller, Draxler (Gomez 46′), Reus; Werner.

Swedia (4-4-2): Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Forsberg, Ekdal, Larsson, Claesson (Durmaz 74′); Toivonen (Guidetti 78′), Berg (Thelin 90′).

(bep/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *