Macan Tutul di Pangalengan Dilepas

BANDUNG – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat melepasliarkan seekor macan tutul yang masih berusia 1,5 tahun di kawasan cagar alam Gunung Tilu, Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, kemarin.

Sebelum dilepasliarkan macan tutul ini sempat direilitasi di Kebun Binatang Bandung hampir 1 bulan. Informasi yang berhasil dihimpun, macan ini pernah menghebohkan warga karena masuk kandang unggas beberapa waktu lalu.

Kepala BKSDA Jawa Barat Memen Suparman mengatakan, gunung tilu di Bandung Selatan ini memang menjadi salah satu titik habitat dari macan tutul. Dirinya berharap pelepasliaran ini membuat macan tutul itu bisa kembali bertahan hidup.

“Alhamdulillah macan tutul yang gegerkan warga Kampung Ciruntah (Pangelengan) diawal bulan Juni ini sudah kembali ke habitat semoga tidak keluar dan masuk ke pemukiman warga lagi,” ujar Memen.

Untuk kondisi kesehatannya, lanjut dia, setelah dilakukan observasi dan perawatan atas bantuan tim Kebun Binatang Bandung dimana sebelumnya macan ini dievakuasi sedang sakit kini sudah membaik.

“Alhamdulillah kondisi macan tutul sudah sehat. Nanti tim gugus evakuasi dan penyelamatan BKSDA akan terus memantau kesehatannya menggunakan alat berupa chip serta akan memasang beberapa kamera pengawas di area gunung,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *