Prilaku Punguti Sampah Suporter Arab Saudi Perlu Dicontoh Wisatawan Nih

RUSIA— Apa yang diajarkan sejak dini soal kebersihan memang benar-benar berguna pada saat menginjak usia dewasa, buktinya terlihat pada tindakan suporter Arab Saudi yang secara sukarela membersihkan stadion seusai menerima kekalahan dari lawannya pada pertandingan kedua Grup A Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Rabu (20/6).

Tindakan semacam ini, tentunya perlu dicontoh oleh wisatawan yang datang ke Sukabumi. Betapa tidak, setelah liburan panjang usai sejumlah tempat Wisata nampak dipenuhi dengan sampah yang berserakan. Hal itu, menandakan mental dan sikap soal kebersihan pada diri kita masih jauh tertinggal dari negara lain.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pengamatan radarsukabumi.com dari beberapa akun media Jurnalis Asing, aksi memungut sampah usai pertandingan tak hanya dilakukan oleh Arab Saudi, tapi sebelumnya juga aksi serupa dilakukan oleh suporter Jepang dan Sinegal. Sejatinya, prilaku suporter ketiga tim ini harus diancungi jempol.

Suporter Jepang pada saat memungut sampah sebelum meninggalkan stadion

Usut punya usut prilaku suporter Jepang sebetulnya sudah lebih dulu melakukan aksi ini pada piala dunia 2014 silam, kini aksi serupa mendapatkan sambutan hangat dari beberapa suporter tim lainnya yang ikut membersihkan sampah di stadion.

Ya memang prilaku seperti ini tidak muncul dengan secara tiba-tiba, namun perlu menanamkan kebiasaan sejak dini. Kita tahu bahwa negara Jepang, selain negara yang masyarakatnya menerapkan tetap waktu namun juga membudayakan kebersihan jadi yang paling utama dalam kehidupan sehari-harinya.

Dengan aksi ketiga suporter tersebut, dunia melihat tindakan ini sebagai respon positif dan mereka mendapatkan apresiasi dari publik dengan banjir pujian. Video dan gambar yang tersebar di media sosial kalangan jurnalis setempat dan asing menjadi viral seketika. Dalam video terlihat betul para suporter tersebut terlihat kompak membersihkan sampah di stadion sebelum mereka bubar. Aksi ini membuat kita harus peduli terhadap kebersihan terutama kebersihan dilingkungan sekitar, jika bukan kita yang menjaga siapa lagi. (die)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *