Kesadaran Wisatawan Masih Buruk, Sampah Berserakan

SUKABUMI – Wisatawan yang berlibur di Sukabumi menyisakan masalah. Pasalnya, kesadaran akan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan di tempat wisata masih lemah. Terbukti, sejak Sabtu hingga Selasa, nyaris seluruh destinasi wisata di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) di penuhi sampah.

Seperti tahun sebelumnya, dengan sistem yang lemah, kawasan wisata ini selalu menyisakan tumpukan sampah hingga membuat tak enak dipandang. Seperti di dekat icon Geopark Ciletuh, Pantai Palangpang, Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas, Sepanjang Pantai Citepus hingga Karang Hawu. Lantaran di kawasan Pantai Palangpang Desa Ciwaru viral di media sosial, Dinas Permukiman dan Kebersihan (Perkimsih) Kabupaten Sukabumi pun langsung mengerahkan dump truck untuk mengangkut.

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Ujang Abdul Rochmi pemilik penginapan Batman Foerever bersama Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi, Dana Budiman mengerahkan para pedagang dan pemuda desa untuk melakukan bersih-bersih di sekitar lokasi Pantai Palangpang.

Dana Budiman mengatakan, tingkat kesadaran wisatawan memang masih minim. Sehingga, setelah menikmati keindahan destinasi yang dikunjungi, wisatawan ini masih banyak yang tak bertanggungjawab dengan meninggalkan sampah hingga berserakan.

“Padahal kita sudah sediakan tempatnya. Karena lokasinya menjadi kotor, kita bersama pedagang dan pemuda peduli lingkungan melakukan bersih-bersih. Alhamdulillah sekarang sudah bersih kembali, tinggal kita menjaganya saja,” paparnya seraya diamini Batman sapaam akrab Ujang Abdul Rochmi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *