Volume Sampah Meningkat Dua Kali Lipat

CITAMIANG- Pasca lebaran Idul Fitri 1439 H volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikundul mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. Tercatat, jika biasanya volume sampah yang diterima TPA Cikundul mencapai 120 hingga 130 Ton perhari, namun dari Ramadan hingga Pasca lebaran H+3 sampah yang masuk mencapai 220 ton hingga 230 Ton.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kebersihan DLH Kota Sukabumi, Endah Aruni mengaku jika sampai H+3 pengendalian sampah masih terkendali. Menurutnya penumpukan sampah tersebut memang kerap terjadi pasca libur panjang dan perayaan Idul Fitri, sehingga jauh-jauh hari sudah diantisipasi.

Bacaan Lainnya

“Dari malam takbir hingga kini juga kita terus menyiapkan petugas kebersihan. Sehingga, pengendalian masih kondusif dan terkendali,” ujarnya saat dihubungi oleh Radar Sukabumi, kemarin (18/6).

Diterangkan dia, sampah pasca lebaran ini lebih didominasi oleh sampah organik. Dikarenakan masyarakat banyak membuang sampah bekas masakan yang tidak layak konsumsi lagi. Endah mengaku, terkait penurunan sampah biasanya akan terjadi setelah aktivitas normal kembali.

Saat ini sampah bertambah akibat banyakanya masyarakat yang datang ke Kota Sukabumi, sehingga jumlah masyarakat ikut bertambah dan sampah pun ikut bertambah. “Kalau sudah arus balik nanti, sampah yang masuk kembali normal,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *