Gol Griezmann Ciptakan Sejarah, Ini Faktanya

RUSIA— Sejarah terjadi pada laga pertama Grup C Piala Dunia 2018 antara Prancis kontra Australia, Sabtu (16/6) petang. Gol penalti Antoine Griezmann adalah gol pertama di Piala Dunia yang diintervensi Video Assistant Referee (VAR).

Peran VAR sukses memberikan hadiah penalti kepada Perancis pada menit ke-58. Penalti terjadi menyusul pelanggaran Josh Risdon kepada Antoine Griezmann. Eksekusi striker Atletico Madrid tersebut terjaring sempurna ke gawang Mathew Ryan.

Bacaan Lainnya

Awalnya, wasit Andres Cunha tidak menganggap tekel Risdon kepada Griezmann sebagai sebuah pelanggaran. Tiba-tiba pengadil asal Uruguay ini menghentikan permainan setelah menerima pesan bahwa ia harus melihat tayangan ulang di tepi lapangan.

Setelah menonton tayangan ulang selama tiga hingga empat kali, Cunha memutuskan untuk menghadiahkan penalti kepada Prancis.

Momen ini adalah kali kedua VAR digunakan pada Piala Dunia 2018. Sebelumnya, VAR juga digunakan untuk memeriksa gol pertama striker Spanyol Diego Costa ke gawang Portugal, Sabtu dini hari.

Namun, apa yang terjadi pada pertandingan Prancis kontra Australia adalah kali pertama teknologi ini digunakan untuk membatalkan keputusan. Sebelum melihat VAR, wasit Cunha menganggap tekel Risdon kepada Griezmann bukan sebuah pelanggaran.

Memang, selain empat wasit yang bertugas sebagai pengadil di lapangan, FIFA juga menugaskan empat perangkat yang bertugas untuk memantau pertandingan dari tayangan video. Video tersebut diawasi oleh satu petugas VAR beserta tiga asistennya.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan, keputusan untuk menggunakan VAR di Piala Dunia 2018 telah disetujui oleh International Football Association Board (IFAB) pada awal Maret 2018.

Menurutnya, VAR telah terbukti mengurangi jumlah kesalahan wasit di setiap pertandingan. Infantino menambahkan, VAR semata-mata digunakan agar sepak bola menjadi olahraga yang lebih adil dan transparan.

“Tidak mungkin pada Piala Dunia 2018 semua orang di stadion dan di rumah tahu jika seorang wasit membuat kesalahan besar atau tidak. Satu-satunya yang tidak tahu adalah wasit itu sendiri,” ucap Infantino seperti yang dilansir Reuters.(saf/JPC)

Perancis vs Australia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *