Trump dan Kim Jong Un Jabat Tangan, Ini Videonya

SINGAPURA – Pertemuan bersejarah antara Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terlaksana hari ini. Untuk pertama kalinya Kim dan Trump bertemu kemudian saling melempar senyuman dan jadi pusat perhatian dunia.

Kim dan Trump untuk pertama kalinya berjabat tangan, saling melempar senyum dengan hati-hati di awal pertemuan bersejarah mereka di Singapura hari ini. Melalui pertemuan bersejarah ini mereka akan mencari cara untuk mengakhiri kebuntuan masalah nuklir di Semenanjung Korea.

“Senang bertemu dengan Anda Tuan Presiden,” kata Kim beberapa saat setelah duduk bersama Trump yang membelakangi bendera Korut dan AS. Kim tersenyum lebar dan berseri-seri saat Trump memberinya acungan jempol sebagai jawaban.

Bidikan seluruh kamera jurnalis dari penjuru dunia memperlihatkan bagaimana keduanya membangun awal suasana pertemanan.

“Saya merasa baik, kami akan melakukan diskusi yang hebat dan akan sangat sukses. Ini merupakan kehormatan bagi saya dan kami akan memiliki hubungan yang luar biasa, saya tidak meragukannya,” kata Trump.

Kim menimpali, tidak mudah untuk sampai ke sana, ada berbagai rintangan namun dapat teratasi dan akhirnya mereka bertemu. Trump dan Kim akan mengadakan pertemuan yang diperkirakan akan berlangsung sekitar dua jam sebelum bergabung dengan para pejabat lain dan makan siang bersama.

Jika mereka berhasil membuat terobosan diplomatik, hal tersebut dapat membawa perubahan yang langgeng terhadap lansekap keamanan Laut Asia Timur, sama dengan bagaimana jatuhnya Tembok Berlin pada 1989 yang mengubah Eropa, seperti dilansir Reuters, Selasa, (12/6).

Seolah-olah atas panggilan takdir, Trump menjadi yang pertama tiba di Hotel Capella yang terletak di Pulau Sentosa. Seluruh dunia akan menyaksikan bagaimana keduanya akan menemukan cara untuk meredakan salah satu titik api planet yang dinilai paling panas dan berbahaya.

Beberapa jam sebelum Kerja Sama Tingkat Tinggi (KTT) bersejarah tersebut dimulai, Trump menyatakan optimismenya mengenai prospek pertemuan pertamanya dengan Kim.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tetap memberikan rambu hati-hati mengenai tindakan Kim, mencaritahu apakah terbukti tulus mengenai kesediaannya untuk melakukan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Berikut video detik-detik Trump dan Kim Jong Un saling berjabat tangan:

(trz/jpc/pojoksatu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *