POLITIK

KPU: Persiapan Pilkada Sudah 90 Persen

JAKARTA – KPU memastikan persiapan penyelenggaraan pilkada serentak 27 Juni 2018 sudah mencapai lebih dari 90 persen. Logistik juga siap dikirim ke kecamatan. KPU terus memantau persiapan pilkada. Komisi yang berwenang menyelenggarakan pemilihan itu juga sudah mengirimkan surat edaran ke seluruh daerah yang melaksanakan pilkada.

”Untuk memastikan kelancaran dan ketertiban pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara,” terang Komisioner KPU Pramono Ubaid Tantowi. Ada beberapa hal yang harus dilakukan daerah yang mengadakan pilkada.

Di antaranya, KPU kabupaten/kota diminta membentuk desk pemungutan dan penghitungan suara. Selain itu, membentuk call center yang melibatkan dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil). Pelibatan dispendukcapil sangat penting untuk merespons permasalahan identitas kependudukan pemilih.

KPU daerah juga diimbau melaksanakan rapat koordinasi kesiapan akhir pemungutan dengan mengundang peserta pilkada dan Bawaslu atau panwaslu. Rapat dilakukan tiga hari sebelum hari pemungutan suara. Dalam pertemuan tersebut, KPU harus menjelaskan DPT, surat keterangan yang diterbitkan dispendukcapil, pemilih tambahan, pelayanan di rumah sakit, dan lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan.

Pramono mengatakan, pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT bisa datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya dengan menunjukkan formulir model C6-KWK serta memperlihatkan e-KTP atau surat keterangan (suket).

Mereka yang tidak bisa menunjukkan e-KTP atau suket bisa tetap menggunakan hak pilih dengan syarat petugas KPPS memastikan bahwa formulir model C6-KWK yang dibawa sesuai dengan pemilih. ”Panduan ini sangat penting bagi petugas di lapangan,” terang Pramono.

Selain mengirimkan surat edaran ke daerah, KPU memastikan kesiapan logistik. Menurut dia, logistik sudah berada di kabupaten/kota. Keperluan pilkada itu tinggal disebar ke kecamatan. Logistik tinggal menunggu pengemasan dan pengiriman.

1 2 3Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close