SUKABUMIUNIVERSITAS NUSA PUTRA

Mahasiswa Akuntansi NPU, Tak Sekadar Bisa Mencatat Angka

“Saya akan menjadikan lulusan akuntansi Universitas Nusa Putra menjadi orang pertama yang mendirikan Kantor Akuntan Publik di Sukabumi.”

Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Put­ra (NPU) sudah terakreditasi BAN-PT. Demikian Kepala Prodi Akuntansi, NPU, Nanan Sunandar, S.E., M.Akt., meng­awali perbincangan dengan Radar Sukabumi.

“Jurusan Akuntansi adalah salah satu jurusan tata buku atau pembu­ku­an, dan salah satu cabang dari il­mu ekonomi. Akuntansi memiliki pe­ngertian sebagai proses mencatat, mengklarifikasi, dan merangkum informasi finansial berkaitan semua transaksi dan kejadian di perusahaan,” jelas pria penggemar MotoGP itu.

Dalam perkuliahannya, kata Nanan lebih jauh, mahasiswa akuntansi NPU dibekali pengetahuan tentang ilmu akuntansi, keuangan, dan ilmu penge­tahuan lain, seperti penge­tahuan ope­ra­sional bisnis dan pengorga­nisasian, serta pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi informasi.

“Sekarang banyak perusahaaan  memiliki departemen keuangan yang bersedia memperkerjakan kalangan fresh graduate,” kata dia.

Departemen dimaksud Nanan, tak hanya berurusan dengan perputaran keuangan, pendapatan, dan biaya produksi suatu perusahaan, tetapi juga hingga mengurus masalah hukum perpajakan.

“Lulusan Prodi Akuntansi Universitas Nusa Putra diharapkannya mampu mengelola data keuangan yang akan digunakan untuk memprediksi ekspansi suatu perusahaan,” jelasnya.

ANAN SUNANDAR, SE., M.Akt Dosen dan Kepala Prodi Akuntansi NPU

Tidak Sekadar lulus

Diakui Nanan, sebagai seorang lulusan akuntansi, banyak dibutuhkan du­nia usaha apapun di level jabatan apapun. “Tidak semua program studi memahami penyusunan laporan keuangan dan interprestasinya. Jadi,  lulusan akuntansi Nusa Putra diharap­kan memiliki kompetensi tidak hanya dalam hal penyusunan laporan keuang­an, tetapi juga menginterpretasikannya kepada semua stakeholders perusahaan yang membutuhkan informasi keuangan.”

Karena, jelas Nanan lagi, melalui laporan keuangan tersebut sudah menggambarkan kondisi perusahaan yang sebenarnya.

Mendirikan KAP Pertama di Sukabumi

Dari ilmu akuntansi, kata fans Va­lentino Rossi itu, berkembang ke audit, pajak dan sistem informasi. Dengan kata lain, akuntansi menjadi dasar untuk melakukan pekerjaan audit, pajak, sistem informasi, perbankan, dan lain sebagainya.

”Saat kuliah, impian saya adalah menjadi auditor dan mempunyai Kantor Akuntan Publik (KAP),” kenangnya.

Namun yang ia lakukan kini justeru sebuah profesi mulia, menjadi peng­ajar yang membagikan ilmu­nya kepada generasi yang lebih muda.

Namun demikian, tekadnya melahirkan lulusan yang kompeten dalam bidang yang bertugas melakukan audit terhadap perusahaan-perusahaan tersebut, belum luntur. “Saya akan menjadikan lulusan akuntansi Universitas Nusa Putra menjadi orang pertama yang mendirikan Kantor Akuntan Publik di Sukabumi.”

Harapannya tersebut tentu harus diapresiasi dan menadapat dukung­an pelbagai kalangan, karena hingga kini, belum ada satu pun KAP di Sukabumi. “Ke depan, Universitas Nusa Putra harus menjadi kampus favorit di Jawa Barat dan Indonesia,” tandasnya.

Menghasilkan Sarjana Akuntansi Berkualitas, Kredibel, dan Profesional

FASILITAS free wifi dan perpustakaan kampus.

Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Putra (NPU) bertekad menjadi program studi terkemuka yang menghasilkan lulusan Sarjana Akuntansi (S.Akt) berkualitas, kredibel, dan profesional.

Selain itu, dijelaskan Kepala Prodi Akuntansi, NPU, Nanan Sunandar, S.E., M.Akt., Prodi yang dipimpinnya tersebut harus mampu melahirkan lulusan untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam menghadapi persaingan global.

“Serta mampu melaksanakan dan mengembangkan pola mengajar dan mendidik yang menggabungkan antara teori dan praktek pada semua bidang akuntansi. Hal tersebut dapat dicapai melalui pengembangan jaringan kerja sama dengan pelbagai industri dan semua mitra perguruan tinggi ini,” ungkap Nanan kepada Radar Sukabumi, beberapa waktu lalu di ruang kerjanya, Kampus NPU, Jalan Raya Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

 Menurut Nanan lebih jauh, pengembangan jaringan kerja sama dengan pelbagai industri dan mitra akan dilakukan secara kontinyu sebagai bentuk reaksi positif Prodi Akuntansi NPU terhadap perubahan global.

Karenanya, sebagai seorang akademisi di Universitas Nusa Putra, Nanan bertekad menaikkan jenjang jabatan akademik selama dua tahun ke depan, sehingga akan menaikkan nilai akreditasi jurusan akuntansi.

“Secara pribadi, saya berharap bisa menghasilkan mininal satu karya ilmiah terpublikasi setiap tahunnya, dengan mengatasnamakan Universitas Nusa Putra,” tambah pria berkacamata itu.

 Dengan langkah tersebut, urai pria yang pernah kuliah di Universitas Budi Luhur tersebut, diharapkan nama Universitas Nusa Putra akan semakin dikenal luas oleh masyarakat Sukabumi khususnya, dan Indonesia.

Ragam Profesi yang Menanti Lulusan Jurusan Akuntansi

SUASANA kampus yang menyenangkan dan penuh keakraban.
  1. Akuntan publik

Akuntan Publik dapat bekerja secara individual atau perusahaan. Mereka menyiapkan dan menganalisa bebagai dokumen dan laporan keuangan. Profesi ini harus mengerti regulasi perpajakan dengan baik, dan terus mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan.

  1. Manajer Akuntansi

Manajer Akuntansi menggunakan data-data keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang menguntungkan perusahaan. Seorang manajer akuntansi merencanakan anggaran dan menjadi atasan para akuntan yang bekerja di suatu perusahaan. Profesi ini membutuhkan keahlian komunikasi yang kuat, dapat mengelola dan memimpin, serta menginterpretasikan data keuangan untuk menyusun solusi ataupun rekomendasi strategis bagi perusahaan.

  1. Petugas Akuntansi

Profesi ini mencatat data dan memperbaharui dokumen keuangan. Mereka tidak menganalisa data seperti akuntan, tetapi hanya menyediakan data. Profesi ini bisa bekerja di berbagai macam perusahaan.

  1. Asisten Akuntansi

Asisten akuntansi membantu pekerjaan seorang akuntan. Ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengawali karier di bidang akuntansi. Asisten akuntansi mengerjakan beragam tugas seperti pembukuan, mencatat laporan keuangan, buku besar dan tugas-tugas dasar lainnya.

  1. Certified Public Accountants (CPA)

Seorang CPA bertugas untuk melakukan audit hingga menganalisa keuangan, memberikan masukan untuk kebijakan keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak.  Sebelum dapat menempati profesi ini, perlu terlebih dahulu lulus ujian sertifikasi  CPA.

  1. Akuntan Biaya

Akuntan biaya menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memberi masukan dan solusi supaya biaya-biaya tersebut dapat dikurangi, dan dengan demikian keuntungan dapat dimaksimalkan.

  1. Account Officer

Account Officer menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi ke pihak luar.

NITA SILVIA

Calon Mahasiswi Akuntansi Universitas Nusa Putra

Memilih Jurusan Akuntansi Universitas Nusa Putra karena melihat prospek lulusannya, fleksibel mau kerja di mana aja oke. Menurut saya, jurusan akuntasi banyak hal menariknya. Bukan hanya menghitung, akuntan juga harus pintar menganalisa dan mengambil keputusan.

RIZKY APRIANI

Calon Mahasiswi Akuntansi Universitas Nusa Putra

Memilih jurusan di Universitas Nusa Putra yang cocok dengan kemampuan. Lulusan akuntansi prospeknya bagus. Wanita zaman now kan gak cukup diam di rumah. Nah, setelah lulus kita bisa bekerja di manapun, menjadi guru, staff, dosen, manager, atau lainnya. Asalkan belajar sungguh-sungguh, jangan asal lulus.

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close