PENDIDIKAN

Sebagian SD Kekurangan Murid Baru

SURABAYA – Belasan sekolah dasar negeri dari beberapa wilayah tercatat di Surabaya belum mampu memenuhi pagu.
Faktornya adalah pembatasan kuota bagi kartu keluarga (KK) luar kota yang dipatok hanya 1 persen.

Di SDN Bubutan IV, misalnya. Dari hasil rekapitulasi pendaftaran sementara PPDB Surabaya kemarin, pendaftar di sekolah tersebut baru mencapai 116 anak. Padahal, daya tampung sekolah 144 siswa. Pendaftar yang belum memenuhi kuota pagu juga terjadi di SDN Kertajaya IV.

Bahkan, jumlah pendaftar belum sampai separo. Yakni, hanya 79 pendaftar dari total 180 pagu yang tersedia.Jawa Pos melakukan pemantauan di sekolah itu kemarin. Berdasar keterangan salah seorang guru, kuota pagu di sekolah tersebut memang tidak terpenuhi setiap tahun.

Faktornya adalah banyaknya jumlah penduduk pendatang di daerah tersebut. Jika kuota luar kota ditambah, dia memastikan jumlah pendaftar di SDN Kertajaya IV lebih banyak.Minimnya kuota luar kota itu juga berdampak pada minimnya jumlah pendaftar di SDN Manyar Sabrangan II.Meski pendaftar meningkat daripada tahun lalu, jumlahnya tetap saja belum memenuhi pagu.

”Banyak yang daftar dari KK luar Surabaya. Tapi, kuotanya kan terbatas,” jelas panitia PPDB SDN Manyar Sabrangan Wiwik.Dia mengatakan, sejak diberlakukan pembatasan KK luar kota sekitar lima tahun lalu, kuota pagu tidak pernah terpenuhi. Hingga kemarin, pendaftar di sekolah tersebut baru 83 anak. Padahal, kuota totalnya mencapai 144 anak. Hal yang sama juga terjadi di beberapa SD di wilayah yang lain.

Selain kuota luar kota, kendala lain yang membuat pendaftar tidak pernah terpenuhi adalah lokasi sekolah di kawasan perumahan. Sebagian besar lebih memilih menyekolahkan putra putrinya di sekolah swasta.

1 2 3Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close