PENDIDIKAN

Prodi PGSD UMMI Realisasikan Hibah Kemenristek Dikti

Selenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Dua PKBM

Sebanyak enam mahasiswi bersama dua dosennya, yakni Ketua Pengabdian Masyarakat, Iis Nurasiah bersama anggotanya, Dyah Lyesmaya dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), merealisasikan hibah dari Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) 2018 RI. Apa saja yang dilakukan? Berikut liputannya.

DIDIET RAHMA ADITYA, Sukabumi

Dengan menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk perkembangan profesionalisme tutor paket A di dua mitra Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Sukabumi.

Ketua Pengabdian Masyarakat, Iis Nurasiah menerangkan, dua PKBM yang dipilih pihaknya yakni PKBM Ummi Kulsum di Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi dan PKBM Al Amien di Kecamatan Cibeurem Kota Sukabumi.

“Pengabdian ini selama satu tahun di 2018, namun baru menjalaninya sekitar lima bulan dari Januari,”terangnya kepada Radar Sukabumi yang dihubungi melalui selulernya, Jumat (18/5).

Pada Pengabdian Masyarakat tersebut, Prodi PGSD UMMI juga menyelenggarakan workshop literasi media pengembangan bahan ajar dan pengembangan perangkat dan alat peraga pembelajaran.

“Hal ini untuk pengembangan bagi para tutor di PKBM,”terangnya.
Meski pengabdiannya hanya satu tahun, namun menurut Iis pihak PKBM meminta pihak Prodi PGSD UMMI mendampinginya selama tiga tahun. Iis yang beranggotakan Dyah Lyesmaya pada PKM ini juga menyampaikan rencana out put dari pengabdian ini, akan dibuatkan MoU antara kampus UMMI dengan PKBM.

Dirinya juga memiliki harapan bahwa output dari PKM tersebut tutor paket A sebagai guru yang masuk dalam pendidikan non formal di Kota Sukabumi, memiliki standar kompetensi berdasarkan Peraturan Pemerintah No 16 Tahun 2007 tentang Standar Akademik dan Kompetensi Akademik dalam Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepriabdian dan Kompetensi Profesional yang sama dengan guru pada pendidikan formal.

Sedangkan Ketua PKBM Ummi Kulsum, Dian M Sahlan berharap, PKM ini membuat PKBM menjadi lebih maju dan berkualitas baik secara pengelolaan maupun pelayanan dalam membantu masyarakat.

(*)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close