KABUPATEN SUKABUMI

Birokrasi Berbelit, Warga Swadaya Bangun RTLH

CARINGIN – Patut dicontoh apa yang dilakukan masyarakat Kampung Salakopi, RT 1/11, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin ini. Tanpa mengandalkan dana pemerintah, rumah tidak layak huni milik jompo dibangun secara swadaya dengan mengumpulkan anggran dari masyarakat.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, rumah non permanen milik Iyam (70), jompo asal Kampung Salakopi, RT 1/11, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin ambruk beberapa waktu lalu karena kondisinya yang sudah lapuk.

Kepada Radar Sukabumi, Ketua RT setempat, Anwar mengungkapkan, atas dasar keprihatinan masyarakat kepada Mak Iyam. Dirinya mencoba mencari solusi agar jompo ini dapat kembali memiliki rumah yang layak huni. Alhasil, setelah menjaring pendanaan dari masyarakat, terkumpul lah dana sebesar Rp43,3 juta.

“Awalnya kami mencoba mencari solusi kepada pemerintah pasca rumah Mak Iyam ini ambruk, namun karena cukup dianggap berbelit-belit birokrasinya sehingga kami berinisiatif mencari dan mengumpulkan dari masyarakat sekitar,” jelasnya, kemarin (18/5).

Dirinya meyakini, kekuatan gotong royong di lingkungan masyarakat bisa digugah kembali. Dengan catatan, seluruh masyarakat maupun pemerintah setempat sinergis. Terlebih, di wilayahnya ini RTLH cukup banyak sehingga jika mengandalkan dana dari pemerintah dirasa cukup kewalahan.

“Di Kampung Salakopi ini memang RTLH-nya cukup banyak, termasuk milik Mak Iyam ini. Alhamdulilah, berkat kekompakan dan kepedulian bersama mimpi Mak Iyam bisa kami wujudkan. Pembangunan akan mulai berjalan esok hari (hari ini, red),” tutupnya.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close