Mukid Sulap Koran Bekas Menjadi Kerajinan Menarik

Banyak orang menganggap koran bekas hannya sekedar sampah yang tidak mempunyai nilai ekonomis. Namun, anggapan itu ditepis Mohammad Kisyatul Mukhid. Pria asal Dusun Baleono, Desa Sendang, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim) mampu mengolah koran bekas menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Dari tangan dingin pria yang akrab disapa Mukhid, koran bekas berhsail menjadi sejumlah kerajinan bernilai ratusan ribu rupiah. Kerajinan tersebut di antarannya pigura, miniatur sepeda motor, miniatur perahu layar, souvenir pernikahan, logo perusahaan dan organisasi, serta kerajinan lainnya sesuai pesanan.

Bacaan Lainnya

Pria berusia 38 tahun itu mengaku, menggeluti usaha daur ulang koran bekas menjadi kerajinan baru 3 bulan terakhir. Dia mengatakan, membuat minuatur merupakan pekerjaan utamanya.

“Ide itu muncul, ketika saya kesulitan mencari pekerjaan. Akhirnya berusaha mengasah bakat membuat kerajinan dengan bahan dasar koran bekas. Alhamdulillah berkembang dan laku,” kata Mukhid, Kamis (17/5).

Selai miniatur, dia juga bisa membuat bentuk kerajinan lain, sesuai pesanan konsumen. Harga jualnya pun bervariasi sesuai dengan ukuran dan tingkat kerumitan pembuatan. Mulai Rp 150 ribu sampai Rp 800 ribu.

“Banyak yang sudah terjual. Pembelinya dari wilayah Tuban hingga luar daerah, Bojonegoro dan Nganjuk. Untuk promosi, selain melalui teman juga lewat media sosial facebook,” tutur Pria, duda tiga anak itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *