KA Sukabumi Perketat Pengamanan

SUKABUMI – Pasca tragedi teror bom di beberapa wilayah di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meningkatkan pengamanan. Seperti, di Stasiun KA Sukabumi memperketat pengamanan agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Misalnya saja, sejumlah penumpang harus melewati pemeriksaan metal detector terlebih dulu. Tak hanya itu, juga meningkatkan pengawasan dan koordinasi dengan aparat keamanan baik TNI maupun Polri. “Hal itu untuk memudahkan dan mempercepat penyampaian informasi bila ada hal-hal yang mencurigakan,” kata Kepala Stasiun KA Sukabumi, Heru Salam kepada Radar Sukabumi, kemarin (16/5).

Bacaan Lainnya

Tentunya lanjut Heru, sebagai salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negera (BUMN) yang bergerak dalam layanan jasa transportasi KA, juga melakukan pengetatan keamanan tanpa harus mengurangi atau mengabaikan pelayanan. Sementara terkait dengan kejadian teror bom di Surabaya, pihaknya juga mengimbau semua pengguna jasa kereta api tidak panik dan tidak takut setelah kejadian tersebut.

”Karena kami sudah memperketat pengawasan dan pengamanan di semua lini, mulai dari pintu masuk boarding sampai di dalam stasiun. Hal itu termasuk juga keamanan di atas kereta,” tuturnya.

Kendati demikian, dia juga meminta para pengguna jasa KA untuk ikut berperan aktif menjaga keamanan. ”Kalau mengetahui atau melihat ada benda ataupun orang yang mencurigakan, segera laporkan kepada petugas. Kami pasti akan langsung menindak lanjuti,” imbuh Heru.

Berkaitan dengan peningkatan keamanan di berbagai stasiun, pada jajaran tenaga keamanan di beberapa stasiun juga diberikan pembinaan dan pelatihan khusus antisipasi keamanan dan ketertiban. Pembinaan dan pelatihan yang diberikan salah satunya berupa teknik pemeriksaan orang dengan menggunakan metal detector. “Selain itu, kami terus meningkatkan pengawasan kepada para penumpang,” pungkasnya. (cr16/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *