Waspada Demam Berdarah Dengue

Bahkan sampai gejala yang berat seperti perdarahan pada hari ke-3 atau ke-5 baik berupa perdarahan dibawah kulit (petekie), mimisan, muntah darah, BAB kehitaman, bisa juga muncul gejala pembesaran organ seperti hati.

Serta kecenderungan terjadi syok yang dapat berakibat fatal (Dengue Shock Syndrome /DSS). Pada pasien DSS, gejala syok ditandai dengan kulit yang terasa lembab dan dingin, tampak kebiruan pada ujung-ujung jari tangan dan kaki, serta dijumpai penurunan tekanan darah. Syok biasanya terjadi pada waktu demam atau saat demam turun antara hari ke-3 dan hari ke-7 penyakit.

Bacaan Lainnya

Kriteria klinis DBD menurut WHO, adalah:
1. Demam akut, yang tetap tinggi selama 2-7 hari, kemudian turun perlahan. Demam disertai gejala tidak spesifik, seperti tidak nafsu makan, lemas, nyeri pada sendi dan tulang, dan kepala.
2. Gejala perdarahan, perdarahan dibawah kulit (petekie), mimisan, perdarahan gusi, muntah darah sampai BAB kehitaman.
3. Pembesaran organ seperti hati dan disertai nyeri tekan di perut.
4. Dengan atau tanpa syok. Syok yang terjadi pada saat demam biasanya mempunyai prognosis yang buruk.
5. Kenaikan nilai hemokonsentrasi darah, sedikitnya 20 % (diketahui dari pemeriksaan laboratorium).

Derajat beratnya DBD, secara klinis dibagi menjadi:

1. Derajat I (ringan), terdapat demam mendadak selama 2-7 hari disertai gejala klinis lain dengan manifestasi perdarahan teringan, yaitu uji bendung positif (dengan memasangkan ikatan sfigmomanometer di lengan atas dengan diberikan tekanan di tengah-tengah nilai sistolik dan diastolik selama 10 menit, kemudian perhatikan warna kulit yang telah diberikan tekanan).
2. Derajat II (sedang), ditemukan pula perdarahan dibawah kulit dan perdarahan lain.
3. Derajat III (berat), ditemukan tanda-tanda dini syok.
4. Derajat IV(sangat berat), terdapat DSS dengan nadi dan tekanan darah yang tidak terukur (perlu disokong dengan pemeriksaan laboratorium).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *